Stuntman, Sosok Penting Dalam Film Namun Tak Dikenal

 Stuntman, Sosok Penting Dalam Film Namun Tak Dikenal

Naviri Magazine - Dalam sebuah wawancara, seorang wartawan bertanya pada Jackie Chan, aktor yang dikenal melakukan sendiri adegan-adegan berbahaya dalam filmnya.

"Apakah kamu pernah takut ketika melakukan adegan itu?"

"Ya jelas aku takut. Aku bukan Superman."

Para stuntman bisa dibilang sebagai daredevil, sebuah istilah untuk menyebut orang-orang yang melakukan hal-hal berbahaya untuk kesenangan dan tidak berpikir tentang risiko. Namun, tentu saja karena industri film semakin maju, risiko ini bisa semakin diperkecil hingga ke titik nol.

Meski demikian, kecelakaan di profesi ini adalah sesuatu yang lumrah. Organisasi Screen Actors Guild pernah melakukan penelitian pada 1982 hingga 1986 tentang aktor dan aktris yang mengalami kecelakaan ketika syuting. Hasilnya, ada 4.998 anggota SAG yang mengalami kecelakaan saat pengambilan gambar. Dalam studi itu juga dijelaskan, ada peningkatan kecelakaan sebesar 41 persen secara total.

Selain itu, juga diketahui bahwa tingkat kematian untuk syuting adegan berbahaya adalah 2,5/1.000, rasio yang lebih tinggi dibanding polisi, pekerja jalan raya, atau pekerja tambang.

Menurut Michael McCann, Ph.D, yang pernah menulis artikel Stunt Injuries and Fatalities Increasing, semakin tingginya tingkat kecelakaan dan kematian dalam syuting ini disebabkan karena dua faktor.

Pertama karena adanya tren realisme. Dulu, adegan-adegan berbahaya hanya berupa uji coba dan tidak nyata. Sekarang, kalau ada adegan kecelakaan mobil atau kecelakaan helikopter, adegan itu nyata. Kedua, meningkatnya penggunaan efek spesial seperti api ataupun ledakan.

Di Hollywood, dari 1959 hingga 2012, tercatat sudah 23 orang tewas saat melakukan adegan berbahaya. Ini termasuk tewasnya Brandon Lee, anak aktor legendaris Bruce Lee, karena kesalahan prosedur dalam penggunaan senjata api dalam film The Crows.

Kemudian seorang stuntman bernama Harry O'Connor, yang menjadi pemeran pengganti Vin Diesel di film XXX, tewas saat menubruk tiang Jembatan Palacky, Republik Ceko, ketika melakukan adegan terjun payung.

Related

Film 7836332969299418969

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item