Untung Rugi Penggunaan GPS Saat Mengemudi Kendaraan

Untung Rugi Penggunaan GPS Saat Mengemudi Kendaraan

Naviri Magazine - Global Positioning System (GPS) adalah sarana yang membantu menunjukkan arah. Sarana ini dianggap memiliki manfaat bagi sebagian orang, khususnya saat mengemudikan kendaraan, ketika memasuki wilayah-wilayah asing dan baru dikenali. Dengan bantuan GPS, pengemudi merasa dipandu untuk menuju ke arah yang benar dan meminimalkan kemungkinan tersesat.

Sistem navigasi GPS, tulis Gilly Leshed dalam “In-Car GPS Navigation: Engagement with and Disengagement from the Environment,” paper yang terbit pada 2008, menyajikan respresentasi virtual dari ruang fisik. Dengan hanya memanfaatkan GPS, penggunanya bisa tahu di mana ia berada, karenanya ini bisa digunakan untuk menuntun si pengguna ke lokasi-lokasi yang dikehendaki.

Namun, beberapa penelitian yang dikutipnya menyebut bahwa GPS menjadikan penggunanya memiliki pemahaman lanskap yang minim, menghambat pengetahuan peta kognitif. Akibatnya, si pengguna akan memiliki memori rekonstruksi lingkungan di mana ia berada secara buruk.

Paper itu mengutip Technology and the Character of Contemporary Life: A Philosophical Inquiry, buku yang ditulis Borgmann, yang menyebut bahwa GPS menuntun penggunanya sekaligus membuat keterampilan dan perhatian mereka minim.

Para pemburu Inuit, dalam suatu penelitian, memiliki pemahaman yang kurang atas lingkungan manakala mereka berburu memanfaatkan GPS sebagai navigasi. Ini berkebalikan dengan keadaan tatkala pemburu Inuit tidak menggunakan GPS.

Selain sistem GPS yang belum sempurna, alasan utama bagaimana GPS justru membuat penggunanya kesasar atau mengakibatkan kesalahan fatal adalah social-technical gap: kesenjangan antara apa yang harus didukung secara sosial dan apa yang dapat didukung secara teknis.

Hal itu diutarakan Fabien Girardin dalam “The Co-evolution of Taxi Drivers and Their in-car Navigation Systems,” paper yang terbit dalam Pervasive and Mobile Computing. Ia menunjukkan adanya jarak antara kebiasaan mengemudi dengan apa yang diberikan sistem terkomputerisasi.

GPS membantu pengemudi menuju lokasi. Namun, perlu pengembangan lebih lanjut agar teknologi ini benar-benar membantu penggunanya.

Related

Automotive 7576930472065338640

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item