Ikut Tips Kesehatan yang Sedang Viral, Pria Ini Malah Tewas

Ikut Tips Kesehatan yang Sedang Viral, Pria Ini Malah Tewas

Naviri Magazine - Seorang pria di Harbin, China, tewas terkena serangan jantung setelah mengikuti tips kesehatan yang sedang viral di internet.

Dilaporkan Oddity Central, awalnya Zhou Xin melihat "broadcast" bahwa kotanya bakal mengalami "tiga hari terpanas di tahun ini". Dalam berita viral yang dilihatnya, serangan panas itu berdampak pengobatan jantung tidak hanya sia-sia, namun juga berbahaya buat kesehatan.

Setelah melihat unggahan itu, Zhou yang menderita penyakit kronis tersebut langsung memutuskan tidak mengonsumsi obatnya. Pria 58 tahun itu dilaporkan tidak berkonsultasi dengan dokternya tatkala berhenti mengonsumsi obat hariannya.

Tiga hari berlalu, segalanya tampak baik-baik saja, hingga dia sedang makan malam bersama teman. Zhou mengeluh sakit di dadanya, dan kemudian kolaps ke lantai. Dia segera dilarikan ke rumah sakit. Sayangnya, dokter menyatakan dia tewas karena serangan jantung.

Xu Shanshan, Wakil Direktur Departemen Gawat Darurat Rumah Sakit Pertama Harbin, berujar, Zhou jadi korban berita viral "tiga hari terpanas" yang ternyata hoaks. Zhou bukan pertama. Xu menjelaskan, dia sebelumnya juga menerima tiga pasien penyakit jantung yang mengikuti rumor itu.

"Ketiga pasien itu meninggal akibat infark miokardial akut, ketika saya sedang bertugas malam," kata Xu, dikutip Sinchew News.

Dia menegaskan, orang yang mempunyai penyakit jantung harus rajin mengonsumsi obatnya saat panas, karena risiko terserang jauh lebih besar.

"Siapa pun yang menderita harus terus minum obat, dan dilarang menghentikannya tanpa konsultasi dengan dokter," tukasnya.

Related

World's Fact 3981478700185923838

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item