Cerdas dan Mempesona, Ini 5 Ilmuwan Wanita Tercantik di Dunia

 Cerdas dan Mempesona, Ini 5 Ilmuwan Wanita Tercantik di Dunia

Naviri Magazine - Kecantikan dan kecerdasan adalah dua pesona yang sama-sama menawan. Sayangnya, tidak semua wanita mampu memiliki dua pesona itu sekaligus. Ada yang sangat cantik namun kecerdasannya biasa-biasa saja, ada pula yang sangat cerdas namun kecantikannya biasa-biasa saja.

Berbeda dengan lima wanita berikut ini. Mereka dikenal memiliki penampilan yang cantik dan mempesona, sekaligus kecerdasan yang memukau dunia.

Haruka Obokata

Kita mungkin jarang melihat ilmuwan cantik dengan jas labnya, berjibaku dengan pipet dan mikroskop. Namun hal itu bisa kita saksikan saat seorang ilmuwan wanita asal Jepang bernama Haruka Obokata tengah berada di laboratoriumnya.

Terlepas dari penampilannya yang sangat menawan, wanita ini sempat menggemparkan dunia lewat penemuannya di bidang biologi, terkait dengan penemuan sel unik bernama STEM. Sel ini konon bisa meregenerasi sel-sel hewani yang sudah rusak untuk kembali seperti awal.

Mekanismenya, sel bernama STEM ini berkembang di dalam tubuh seperti embrio. Penggunaannya bisa bermacam-macam, termasuk meremajakan organ-organ vital. Sayangnya, penemuan yang bikin gempar ini juga menyisakan pertanyaan besar. Termasuk kebingungan para peneliti lain ketika melakukan metode yang sama dan hasilnya selalu salah.

Sofia Kovalevskaya

Sofia Kovalevskaya merupakan ilmuwan wanita yang suka hal-hal matematis. Di usianya yang 11 tahun, ia sudah bisa melakukan perhitungan kompleks, dan bahkan memenuhi dinding kamarnya dengan rumus-rumus kalkulus. Suatu ketika, ia juga pernah diberi sebuah buku fisika di usianya yang 14 tahun. Hebatnya, ia bisa membedah rumus-rumus fisika tersebut dengan amat baik.

Sofia pun melanjutkan pendidikannya di universitas. Ia menikahi seorang pemuda bernama Vladimir Kovalevsky. Mereka berdua pindah ke Jerman, dan Sofia makin menggila dalam prestasi.

Ketika itu, ia belajar kepada matematikawan kenamaan, Karl Weierstrass, dan berhasil memukau sang guru. Prestasi paling membanggakan Sofia adalah berhasil menang dalam Prix Brodin, dan masuk dalam deretan wanita Eropa pertama yang jadi guru besar.

Ada Lovelace

Teknologi komputer sekarang begitu canggih dan menjadi hal fundamental di banyak bidang. Termasuk juga bahasa pemrograman yang makin berkembang sehingga memudahkan manusia untuk melakukan pekerjaan. Percaya atau tidak, semua teknologi ini awalnya hasil pemikiran seorang wanita cantik bernama Ada Lovelave. Wanita asal Inggris ini dikatakan sebagai penemu komputer mekanik pertama.

Ada Lovelace adalah matematikawan asal Inggris, yang kesehariannya sama sekali tak berbeda dengan wanita normal pada umumnya. Namun kesukaannya kepada hal-hal logis yang terstruktur, membawanya menjadi salah satu penemu terhebat dalam sejarah manusia.

Tak hanya berhasil menemukan komputer mekanis, Ada Lovelace adalah wanita pertama yang melakukan perhitungan algoritma untuk dipergunakan di dalam mesin. Dunia menyebutnya sebagai programmer pertama di dunia.

Rosalind Franklin

DNA memegang peranan penting dalam berbagai bidang keilmuwan, terutama biologi, khususnya genetika. Lewat DNA, kita bisa mengetahui informasi apa pun tentang sifat-sifat organisme. DNA juga jadi pangkal pengembangan bioteknologi di masa depan.

Salah satu penemu konsep penting ini adalah seorang ilmuwan wanita bernama Rosalind Franklin.

Franklin tak hanya fokus kepada DNA, namun juga menemukan mekanisme untuk merumuskan model dan struktur DNA lewat sebuah aplikasi difraksi sinar-x. Karya ini berhasil membuat dunia tercengang, dan pada tahun 1962 karya ini diganjar hadiah Nobel.

Hedy Lamarr

Hedy Lamarr adalah sosok wanita yang hampir jarang ditemui di era kekinian. Dia merupakan selebriti kenamaan pada masanya, serta seorang ilmuwan yang sangat cerdas.

Lamarr adalah aktris yang cukup terkenal di tahun 1930-an, dengan paras cantik serta akting kontroversinya yang melegenda. Salah satunya dalam film berjudul Ecstasy, yang membuatnya berakting sangat berani.

Kesampingkan dulu pesona selebritinya, dan kita kuak bagaimana sosok ini dalam statusnya yang juga seorang ilmuwan. Lamarr adalah pemilik paten pertama untuk teknologi spektrum sebar dan perpindahan frekuensi. Implementasinya bisa digunakan untuk mengacaukan sistem detektor torpedo musuh.

Related

Science 6700941667192453345

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item