Ini Kepanjangan HVS, YKK, URL, dan Aneka Singkatan Populer Lain

Ini Kepanjangan HVS, YKK, URL, dan Aneka Singkatan Populer Lain

Naviri Magazine - Siapa pun pasti mengenal kertas HVS, yaitu kertas putih polos yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk mengerjakan soal di sekolah atau untuk menulis dokumen penting. HVS sebenarnya bukan nama, melainkan singkatan. Begitu pula BH, saran yang digunakan wanita untuk menutup bagian dada.

Dari begitu banyak singkatan yang menjadi nama atau istilah di sekitar kita, bisa jadi kita tidak tahu arti atau kepanjangannya. Untuk itu, uraian berikut ini mungkin bisa memberi penjelasan.

HVS

Benda ini sangat terkenal di kalangan instansi, dan juga berfungsi untuk mengerjakan tugas sekolah atau untuk menulis suatu dokumen penting. Tapi tahukah kamu kepanjangan HVS?

Ternyata, HVS adalah singkatan HourVrij Schrijfpapier. Berasal dari bahasa Belanda yang berarti ‘kertas bebas serat kayu’.

CAPTCHA

CAPTCHA ialah sejenis tes yang dilakukan untuk pengguna komputer sebelum membuat sebuah akun atau mengisi form online. Ternyata, kepanjangan kata ini adalah Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans. Kata ini lahir pada tahun 2003, dan penciptanya adalah Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper, dan John Langford.

URL

Selain CAPTCHA, di dunia internet juga ada istilah URL. Kita sering melihat ini pada bagian bar situs web yang berfungsi untuk menemukan alamat dari situs yang ingin kita buka. Apa kepanjangannya?

Ternyata kepanjangan URL adalah Uniform Resource Locator. Ini digunakan sebagai penamaan alamat file di Internet. Istilah ini pertama digunakan oleh Tim Berners-Lee, penemu WWW (World Wide Web) pada tahun 1994.

TMC

Kata ini bisa kita lihat sebagai nama pembuka pada Twitter Polda Metro Jaya. Apa artinya? Dalam bahasa Inggris, TMC berarti Traffic Management Center. Yang artinya sebuah sarana penunjang berbasis teknologi dari kepolisian Indonesia. Fungsinya memberitahu masyarakat tentang info lalu lintas yang sedang terjadi di berbagai macam kota, khususnya Jabodetabek.

YKK

YKK adalah mereka ritsleting terkenal. Apa sih kepanjangannya? YKK adalah singkatan Yoshida Kogyo Kabushikikaisha, yang dalam bahasa Inggris berarti Yoshida Manufacturing Corporation. Perusahaan ini terletak di Jepang, sejak tahun 1945.

KEPO

Istilah kepo sering digunakan untuk menyebut orang yang ingin tahu sesuatu. KEPO berarti Knowing Every Particular Object. Yang berarti rasa ingin tahu berlebih tentang urusan orang lain.

BH

Ternyata, istilah atau singkatan BH berasal dari bahasa Belanda, dan berkepanjangan Bustehouder, artinya penyangga payudara. Penyebutan lainnya adalah bra. Benda ini dikembangkan pada awal abad 19.

Related

Science 8073064869215570288

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item