Kisah Unik Penasihat Mantan Presiden AS, Barack Obama

Kisah Unik Penasihat Mantan Presiden AS, Barack Obama

Naviri Magazine - Saat Anda sudah dipercaya Presiden Barack Obama, rupanya ada beberapa keuntungan yang didapat. Salah satunya adalah kebebasan mengucap sumpah serapah dan ejekan kepada sang presiden.

David Axelrod, orang kepercayaan Obama yang sempat menjadi utusan khusus Gedung Putih dan ahli strategi kampanye kepresidenan Amerika Serikat, menceritakan kisahnya ke Kick Ass Politics. Ia mengaku sempat khawatir untuk bekerja di Gedung Putih karena merasa tidak bisa melontarkan kata-kata kotor kepada Obama.

Sumpah serapah yang biasa diucapkan Axelrod adalah 'Go f*ck yourself.' Jika diartikan secara harfiah ke dalam Bahasa Indonesia, ungkapan itu berarti 'Bercinta saja dengan dirimu sendiri.' Ungkapan sepadan yang lebih tepat dalam Bahasa Indonesia adalah 'Urus saja dirimu sendiri.'

"Saya menghabiskan hidup saya untuk membiasakan diri mengucap Go f*ck yourself' kepada semua orang. Saya berpikir ucapan seperti itu tidak bisa dilontarkan kepada Presiden AS," ujar Axelrod kepada Obama pada 2008, seperti dikutip Huffingtonpost.com.

Obama kemudian mengutarakan sejumlah alasan mengapa Axelrod harus ikut bersamanya ke Gedung Putih. Obama juga memastikan Axelrod tidak perlu menyensor ucapannya saat menjadi penasihat.

"Anda boleh bilang ke saya untuk 'f*ck myself,' tapi jangan di depan orang lain," kata Obama.

Axelrod pertama kali bertemu Obama pada 1992. Ketika itu, ia sempat meyakinkan Obama untuk tidak masuk dalam Senat AS di tahun 2004.

Setelah Obama memenangkan pemilihan umum presiden, Axelrod menjadi penasihat senior kepresidenan hingga 2011. Setelah itu, ia meninggalkan Gedung Putih untuk mengerjakan proyek kampanye, agar Obama dapat terpilih kembali sebagai presiden.

Dalam wawancaranya, Axelrod tidak menyebutkan apakah dia benar-benar pernah mengatakan 'Go f*ck yourself' kepada Obama di Gedung Putih.

Related

World's Fact 8885024207560451173

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item