Kryptos, Pahatan Misterius yang Membuat Dunia Sangat Penasaran

Kryptos, Pahatan Misterius yang Membuat Dunia Sangat Penasaran

Naviri Magazine - Kryptos adalah pahatan misterius terinskripsi yang dibuat oleh seniman Jim Sanborn, yang terletak di halaman luar markas besar CIA di Langley, Virginia. Sejak didedikasikan pada 3 November 1990, telah banyak spekulasi tentang arti dari pesan yang terdapat dalam rangkaian huruf yang tersusun pada pahatan itu.

Para cryptanalysts, baik amatir maupun profesional, berusaha menguraikan bagian akhir patung yang dibuat dengan biaya $ 250.000 ini. Jim Sanborn sendiri telah memberikan petunjuk pada beberapa kesempatan.

Orang pertama yang mengumumkan secara terbuka bahwa ia telah memecahkan kode tiga bagian pertama adalah Jim Gillogly, seorang ilmuwan komputer dari California Selatan, pada tahun 1999.

Setelah pengumuman Gillogly, CIA mengungkapkan bahwa analis mereka, David Stein, juga telah memecahkan kode bagian yang sama pada tahun 1998, dengan menggunakan teknik pensil dan kertas, meskipun informasi itu hanya disebarkan dalam komunitas intelijen, dan tidak diumumkan kepada khalayak sampai Juli 1999.

NSA juga mengklaim bahwa mereka telah memecahkan teka-teki dalam pahatan itu. NSA juga tidak mempublikasikannya hingga Maret 2000. NSA menyebut bahwa tim yang dipimpin oleh Ken Miller, bersama Dennis McDaniels dan dua orang yang tidak disebutkan namanya, telah memecahkan bagian 1-3 di penghujung tahun 1992.

Dari empat pesan, tiga telah dipecahkan. Masih terdapat satu kode yang belum terpecahkan dari pahatan yang paling fenomenal dan terkenal di dunia ini.

Related

World's Fact 1482305454203991664

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item