Peneliti Menemukan Cara Mengatasi Bakteri Pemakan Manusia

 Peneliti Menemukan Cara Mengatasi Bakteri Pemakan Manusia

Naviri Magazine - Kabar baik diberikan oleh para peneliti dari Universitas East Angelia dan badan penelitian Diamond Light Source dari Oxford, Inggris. Mereka mengklaim telah menemukan cara ampuh untuk membunuh bakteri yang kebal terhadap antibiotik.

Seperti yang kita tahu, hingga saat ini bakteri yang mempunyai imunitas tinggi pada antibiotik diketahui sangat berbahaya bagi manusia. Sebut saja bakteri Methicillin-resistant Straphylococcus aeureus (MRSA) yang dikenal bisa menurunkan kekebalan tubuh manusia secara drastis, hingga menyebabkan penyakit Necrotizing fasciitis.

Necrotizing fasciitis diketahui dapat menyebabkan infeksi akut dan menyebabkan luka parah di tubuh penderita, mereka hampir terlihat seperti dimakan hidup-hidup.

Untuk mencegah bertambahnya korban jiwa, para peneliti telah berhasil mengidentifikasi proses pembuatan kekebalan tubuh bakteri super itu.

Bakteri-bakteri tersebut ternyata mampu mengembangkan bagian membran sel atau lapisan pelindung tubuhnya dengan jaringan lemak tertentu, agar antibiotik tidak dapat menembus masuk. Alhasil, cara yang dianggap paling ampuh untuk membunuh bakteri-bakteri itu adalah dengan memotong jalur biologis pembuatan lapisan lemak pada membran bakteri.

Tim gabungan asal Inggris itu kini tengah berupaya membuat antibiotik baru yang mampu memutus siklus regenerasi membran yang dipakai bakteri untuk meningkatkan kekebalan terhadap obat-obatan di sebuah laboratorium di kota Norwich.

Sayangnya, dikutip dari Engadget, peneliti lain menyatakan cara ini hanya akan bertahan untuk sementara waktu. Dia berargumen bila pada akhirnya bakteri-bakteri itu akan mampu beradaptasi kembali terhadap penemuan terbaru ini. Bakteri juga pernah melakukan adaptasi serupa saat mampu menangkal antibiotik Penisilin.

Related

Science 7824417962666933693

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item