Perbedaan Organisasi Rahasia Illuminati dengan Freemason

Perbedaan Organisasi Rahasia Illuminati dengan Freemason

Naviri Magazine - Masyarakat Illuminati dan Freemason didirikan berabad-abad lalu, dan memiliki sejarah yang panjang. Dalam beberapa hal mereka sangat mirip, tetapi ada juga perbedaan yang jelas antara kedua kelompok.

Keduanya terdiri dari orang-orang yang sangat cerdas, namun—karena sifat rahasia keduanya—sangat sedikit orang yang tahu siapa saja yang menjadi bagian dari anggotanya. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa Freemason dan Illuminati turut berperan dalam ilmu pengetahuan dan politik selama berabad-abad.

Tentang Illuminati

Didirikan di Eropa pada abad ke 18 ketika Abad Pencerahan merajalela di semua negara, Illuminati adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kelompok-kelompok masyarakat rahasia yang berkembang selama ini.

Arti kata Illuminati adalah "Tercerahkan", dan mayoritas anggota masyarakat ini adalah intelektual dengan minat aktif dalam metode ilmiah dan dalam pemerintahan negara mereka.

Tentang Freemason

Persaudaraan Freemasonry lebih tua dari Illuminati, yang telah terbentuk pada abad 17. Masing-masing kelompok adalah independen dari yang lain, dan mengadakan pertemuan mereka di lokasi yang mereka sebut Lodges Grand.

Meskipun mereka percaya ada suatu Zat Agung dan menggunakan motto “Brotherly Love, Relief and Faith” (Kasih Persaudaraan, Kebebasan dan Iman), para anggota Freemason tidak diharuskan mengikuti agama tertentu.

Apa yang membedakan kedua kelompok ini?

Ada beberapa kesamaan dalam masyarakat Freemason dan Illuminati. Keduanya memiliki kerahasiaan sebagai alasan untuk penciptaan mereka, dan keduanya berisi anggota yang mempunyai pikiran bebas dan sangat intelektual.

Tujuan penciptaan keduanya berbeda. Illuminati lahir dalam rangka menciptakan sebuah Tatanan Dunia Baru dan akan mengubah dunia. Sedang tujuan Freemason adalah menciptakan suatu masyarakat di mana kesopanan dan kehormatan terlihat di kalangan anggotanya. Kelompok ini terkenal karena karya-karyanya di seluruh dunia.

Mereka sama, karena mereka hasil dari masyarakat di mana orang-orang takut untuk berbicara secara terbuka tentang pikiran mereka dari pemerintah dan gereja. Mereka tidak ingin ada anggota mereka takut pada konsekuensi karena melakukan sesuatu yang mereka anggap benar. Ini adalah kenyataan bahwa ada banyak rahasia di sekitar kelompok-kelompok misterius tersebut.

Kesimpulan 

Illuminati dibentuk sebagai masyarakat rahasia di abad 18, sedang Freemason dibentuk sebagai persaudaraan satu abad sebelumnya.

Tujuan Illuminati adalah mengubah dunia, tetapi tujuan Freemason adalah menciptakan masyarakat kepahlawanan, kehormatan, kasih persaudaraan, kebebasan dan moralitas. Identitas kedua kelompok sangat rahasia.

Menurut Anda, manakah di antara kedua kelompok ini yang lebih kuat dan berpengaruh?

Related

Mistery 5954014245197451456

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item