Biografi Lengkap Michael Jackson, The King of Pop (Bagian 4)

Biografi Lengkap Michael Jackson, The King of Pop

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Biografi Lengkap Michael Jackson, The King of Pop - Bagian 3). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Dalam pelariannya, Jackson juga menyamar menjadi artis-artis terkenal lainnya seperti Sylvester Stallone, Tina Turner, dan Pee-Wee Herman. Segmen ini ditutup dengan adu tarian antara Jackson dan Spike si kelinci, yang berakhir dengan ditilangnya Jackson secara konyol akibat melanggar rambu larangan Moonwalk.

Leave Me Alone

Pada segmen ini ditampilkan video klip singel "Leave Me Alone" dari album Bad. Video ini ditampilkan berupa animasi yang menggambarkan kegemaran, cita-cita, dan hal-hal yang mencerminkan pribadi Jackson.

Video klip ini juga menggambarkan kekesalan Jackson kepada media dan paparazzi yang selalu mencap negatif dirinya. Video klip ini memperoleh penghargaan sebagai video klip terbaik dalam ajang Grammy Award, yang juga satu-satunya penghargaan yang dimenangkan dari album Bad.

Smooth Criminal

Merupakan segmen terpanjang dari film Moonwalker. Menceritakan persahabatan antara Jackson dan sekelompok anak-anak jalanan (yang salah satunya diperankan oleh Sean Lennon).

Pada suatu hari, ketika Jackson dan anak-anak tersebut sedang bermain, secara tidak sengaja mereka menemukan markas penjahat kelas kakap, = bernama Frankie Lideo (plesetan dari manejer Jackson, Frank DiLeo), atau yang lebih dikenal dengan "Mr. Big" (diperankan oleh aktor Joe Pesci).

Namun keberadaan Jackson dan kawan-kawannya diketahui oleh Mr. Big dan anak buahnya. Akibatnya, Jackson menjadi incaran kelompok penjahat itu. Selanjutnya, dalam adegan yang bernuansa tahun 1930-an, Jackson berhasil melarikan diri dari kejaran Mr. Big dengan berubah menjadi mobil sport futuristik.

Jackson kemudian bersembunyi dalam sebuah kafe tua, yang ternyata dihuni oleh hantu-hantu Mafia era 1930-an. Pada adegan berikutnya, diperlihatkan Jackson bertarung dengan mafia-mafia tersebut dengan gaya musikal, yang diiringi dengan lagu "Smooth Criminal".

Sayangnya, Mr. Big yang mengepung kafe tua itu kemudian menangkap Kettie, salah satu teman cilik Jackson yang diam-diam mengikuti Jackson dari belakang. Untuk menyelamatkan teman ciliknya, Jackson kemudian bertarung dengan Mr. Big, dan berubah menjadi robot raksasa.

Setelah Mr. Big dikalahkan, Jackson akhirnya mengantar anal-anak tersebut pulang dengan berubah menjadi pesawat jet futuristik.

Come Together

Setelah menyelamatkan anak-anak dari kejaran Mr. Big, Jackson mengajak mereka untuk menonton "live performance"-nya di sebuah pentas. Pada segemen ini, Jackson membawakan lagu "Come Together" yang dipopulerkan oleh grup The Beatles, dan sekaligus segmen penutup film Moonwalker.

Dangerous

Pada 1991, Michael Jackson merilis album Dangerous. Album ini terjual lebih dari 32 juta kopi di seluruh dunia, melebihi album Bad. Album ini mendapatkan anugerah Grammy Awards untuk kategori Best Engineered Album – Non Classical.

Album ini sempat mengundang kontroversi, karena video klip lagu Black Or White pada empat menit terakhirnya memperlihatkan tarian yang sedikit mengandung kekerasan; Jackson menghancurkan toko dengan tong sampah, dan menghancurkan mobil dengan linggis.

Jackson juga menunjukan tarian yang berbau seksual; memegang selangkangan dan menarik resleting celananya.

Setalah kejadian itu, semua jaringan video klip memotong empat menit terakhir dari video tersebut. Jackson mengeluarkan pernyataan minta maaf kepada siapa pun yang tersinggung. Lepas dari berbagai kontroversi, video klip ini menampilkan Macaulay Culkin selama adegan rap oleh L. T. B.

Dalam rangka mempromosikan album Dangerous, Jackson melakukan tur dunia yang bertajuk Dangerous World Tour. Tur ini merupakan tur solo kedua Jackson setelah sebelumnya Jackson melakukan Bad World Tour tahun 1987-1989. Tur yang berlangsung dari 27 Juni 1992 sampai 11 November 1993 ini berlangsung sebanyak 69 konser di depan kurang lebih 3,5 juta fans.

Jackson melakukan tur ini karena hasil tur akan disumbangkan untuk Heal The World Foundation, badan amal milik Jackson yang diperuntukan bagi anak-anak. Rencananya, tur ini akan berlangsung empat leg yang akan berakhir tahun 1994, namun akhirnya tur ini berakhir sebanyak tiga leg yang berakhir pada tahun 1993.

Jackson mengakhiri tur karena ia mengumumkan bahwa dirinya menderita penyakit yang harus dirawat inap. Jackson juga mengumumkan bahwa ia kecanduan obat penenang karena stres, akibat kasus pelecehan seksual pada anak laki-laki yang muncul di media ketika Jackson sedang berada di Bangkok, tepatnya 24 Agustus 1993.

HIStory, Past, Present, And Future

Pada 16 Juni 1995, Michael Jackson merilis album berjudul HIStory, Past, Present, And Future (biasa disingkat HIStory). Album ini terdiri dari dua bagian, HIStory, Past, Present, And Future, Book 1 yang berisi kompilasi hits sebelumnya, dan HIStory, Past, Present, And Future, Book 2 yang berisi hits baru.

Album ini terjual 20 juta kopi di seluruh dunia. Album ini masuk lima nominasi Grammy Awards, dan memenangkan Best Music Video - Short Form untuk video klip Scream.

Seperti album Dangerous, HIStory juga mengundang kontroversi terkait lirik lagu The Don’t Care About Us yang mengundang anti-semitic. Dalam They Don’t Care About Us, terdapat lirik “Jew Me, Sue Me, Everybody Do Me/ Kick Me, Kike Me, Don't You Black Or White Me". Tanggal 23 Juni 1995, Jackson mengubah lirik tersebut dengan “Do Me” dan “Strike Me”.

Seperti dua album sebelumnya (Bad dan Dangerous), Jackson mempromosikan album HIStory dengan cara melakukan tur dunia. Tur kali ini bertajuk HIStory World Tour. Tur ini berhenti di 58 kota, 35 negara, 5 benua. Total konser di tur ini 58 konser. Tur ini juga merupakan tur solo ketiga sekaligus terakhir bagi Michael Jackson.

Sebelum tur berlangsung, pada 16 Juli 1996, Jackson melakukan konser di Jerudang Park Ampitheatre, Brunei Darussalam. Konser ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 50 Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah. Daftar lagu dan kostum konser ini mirip dengan Dangerous World Tour.

Tur ini dimulai tanggal 7 September 1996 sampai 15 Oktober 1997. Berlangsung selama dua leg.

Kematian

Michael Jackson merencanakan untuk menggelar konser terakhirnya diO2 Arena, London. Jackson menamai konser ini dengan nama This Is It Michael Jackson. Konser ini rencananya akan dilaksanakan tanggal 25 Juli 2009, namun satu bulan sebelumnya Michael Jackson meninggal dunia di rumahnya, di Los Angeles, pada hari Kamis, 25 Juni 2009, pukul 14:26 waktu setempat.

Ia tidak sadarkan diri setelah mengalami gagal jantung (cardiac arrest). Ia diduga mengalami gagal jantung, sesaat setelah diberi suntikan demerol. Berita kematian Michael Jackson tersebar cepat di internet. Banyak situs web yang kewalahan menangani pengguna internet yang ingin mencari informasi tentang kematian Jacko.

Google sempat mengalami gangguan karena begitu banyaknya kata kunci "Michael Jackson" yang dimasukkan. AOL Instant Messenger juga sempat mengalami gangguan selama 40 menit karena banyaknya pengguna yang menginformasikan kematian Jacko lewat AOL Instant Messenger.

Related

Entertaintment 5800679393112075783

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item