Cahaya Ilahi yang Menerangi Jiwa Manusia Dalam Kehidupan

Cahaya Ilahi yang Menerangi Jiwa Manusia Dalam Kehidupan

Naviri Magazine - “Jiwa itu laksana cermin, sedangkan petunjuk Ilahi bagaikan cahaya (nur). Kalau jiwa manusia benar-benar bersih, pasti cahaya Ilahi akan tertangkap jiwa." —Al Ghazali

Hakikat iman (nur iman) adalah cahaya Allah yang memancar di hati orang yang dikehendaki Allah bersih dari segala sesuatu yang tidak disukai-Nya.

QS. Al Baqarah (2): 257: Allah pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya.

QS. Az Zumar (39): 22: Orang-orang yang dibukakan Allah hatinya (untuk) berserah diri lalu ia mendapat cahaya dari Tuhannya.

QS. At Taghabuun (64): 11: Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya.

Cahaya Ilahi menerangi hati dan roh, cahaya Ilahi membuka bidang hakikat-hakikat. Amal dan ilmu tidak mampu menyingkap rahasia hakikat-hakikat.

Jika cahaya matahari dapat menghalau kegelapan yang menutupi benda-benda alam yang nyata, maka cahaya Ilahi dapat menghalau kegelapan yang menutup hakikat-hakikat yang ghaib.

Mata hati melihat banyaknya hakikat karena banyaknya cermin hakikat yang membalikkan cahaya Ilahi, sedangkan cahaya Ilahi datang dari cahaya yang bersumber Zat Yang Maha Esa.

Cahaya Ilahi adalah cahaya yang menerangi hati, dan mengeluarkannya dari kegelapan serta membawanya menyaksikan sesuatu dalam keadaan yang asli. Apabila cahaya Ilahi sudah membuka, dan cahaya terang telah bersinar, maka mata hati dapat memandang kebenaran dan keaslian yang selama ini disembunyikan oleh alam nyata.

Bertambah terang cahaya Ilahi yang diterima oleh hati, bertambah jelas kebenaran yang dapat dilihat.

Jiwa diciptakan sempurna tanpa cacat. Tidak ada yang terlahir sakit jiwa. Jiwa adalah putih bersih ketika dilahirkan, lingkungan dan pengalaman yang membuatnya bisa tetap putih atau kotor.

Related

Moslem World 7017663601839942326

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item