Ini 4 Sungai Warna-Warni Paling Indah dan Tercantik di Dunia

Ini 4 Sungai Warna-Warni Paling Indah dan Tercantik di Dunia

Naviri Magazine - Air sungai, sebagaimana umumnya air yang mengalir, biasanya tampak biasa-biasa saja. Ada yang bersih atau jernih, ada pula yang kotor. Namun di dunia ini ada sungai-sungai yang tampak tak biasa, karena memiliki warna-warni indah yang muncul dari aliran airnya.

Berikut ini adalah empat sungai yang memiliki warna-warni memukau dan terkenal sebagai sungai-sungai tercantik di dunia.

Ini 4 Sungai Warna-Warni Paling Indah dan Tercantik di Dunia

Cano Cristales, Kolombia

Air sungai di Cano Critales seakan memancarkan lima warna yang berbeda di setiap alirannya. Karena keunikannya, Sungai Cano Cristales juga punya nama lain, yaitu Sungai Pelangi.

Anda bisa melihat air sungai yang berwarna kuning, hijau, biru, hitam, yang akan terlihat jelas di sekitar bulan Juli sampai November. Fenomena air berwarna pelangi ini hanya bisa dijumpai di sungai yang terletak di Provinsi Serrania de la Macarena. Dan ini adalah akibat pertumbuhan sejenis tanaman air bernama Macarenia Clavigera yang tumbuh di dasar sungai.

Ini 4 Sungai Warna-Warni Paling Indah dan Tercantik di Dunia

Rio Tinto, Spanyol

Sungai yang mengalir di sepanjang selatan sampai barat daya Spanyol ini secara sepintas tampak unik karena warna merah kekuningannya. Tapi tahukah Anda, jika kecantikan sungai ini justru bisa mematikan, karena menandakan tingkat keasaman yang tinggi dan besi yang larut dalam air?

Ironisnya, warna indah mematikan Sungai Rio Tinto, diakibatkan oleh potensi sumber daya mineral di dalamnya. Kekayaan mineral ini telah dieksplorasi oleh bangsa Yunani, Romawi, Moor, Funisia, dan Visigoth sejak 3000 SM, sebagai bahan baku membuat uang logam, peralatan perang, peralatan rumah tangga, dan banyak lagi.

Namun, karena warna yang dihasilkan, tak salah memasukkan sungai Rio Tinto sebagai salah satu sungai berwarna paling indah di dunia.

Ini 4 Sungai Warna-Warni Paling Indah dan Tercantik di Dunia

Rio Celeste, Kosta Rika

Rio Celeste (Sungai Biru Langit) merupakan sungai yang sangat sakral dan dihormati sebagai tempat suci oleh adat suku Maleku, yang tinggal di wilayah Utara Kosta Rika dekat Tenorio Volcano.

Legenda mereka mengatakan bahwa ketika Tuhan menciptakan dunia, setelah Dia selesai melukis langit dengan warna biru yang cemerlang, Dia mencuci kuas-Nya di sungai Kosta Rika yang indah, sehingga sungai memiliki warna yang sama dengan birunya langit.

Sungai ini memulai perjalanannya sebagai air jernih dan mengalir ke bawah hutan hujan yang rimbun di Tenorio Volcano National Park; kemudian tiba-tiba melewati garis putih dan ajaib, air sungai berubah menjadi berwarna turquoise (warna biru langit).

Ini 4 Sungai Warna-Warni Paling Indah dan Tercantik di Dunia

The Nereveta, Bosnia Herzegovina

Neretva adalah 'sungai karst' yang terbesar di dunia. Sungai ini dikelilingi bukit karst alias kapur, sehingga menciptakan banyak gua dan arus tak biasa. Namun, Neretva sekaligus menjadi salah satu sungai tercantik di dunia dengan air yang hijau jernih.

Sungai ini mengaliri wilayah tenggara Eropa, termasuk Kroasia dan Bosnia Herzegovina. Traveler bisa menyusuri keindahannya lewat kota-kota yang berada di bantaran Sungai Neretva.

Related

World's Fact 21176812711393660

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item