Ini 5 Pengakuan Mencengangkan dan Kontroversial Stephen Hawking

Ini 5 Pengakuan Mencengangkan dan Kontroversial Stephen Hawking

Naviri Magazine - Stephen Hawking adalah ilmuwan terbesar abad 21 yang sering membuat dunia terpesona sekaligus tercekat. Pasalnya, dengan segala keterbatasan yang dihadapinya, Stephen Hawking mampu terus aktif dalam bidang ilmu pengetahuan dan aktif mengajar, memberi presentasi ilmiah, sampai menulis buku.

Namun, Stephen Hawking juga kerap membuat dunia tercekat karena pernyataan-pernyataannya yang kontroversia. Seperti beberapa pernyataannya berikut ini.

Tuhan sebenarnya tidak ada

Kita tentu mempercayai eksistensi Tuhan sebagai zat yang berkuasa atas apa pun di dunia ini, termasuk diri kita dan juga alam semesta. Namun, Stephen Hawking secara tersirat dalam bukunya tidak setuju dengan pendapat mayoritas ini. Ia mengatakan Tuhan tidak benar-benar ada.

“Apa yang saya maksud dengan kita akan tahu pikiran Tuhan adalah kita akan tahu segala sesuatu yang Tuhan tahu, jika Tuhan ada,” begitu salah satu penggalan pernyataan Hawking dalam bukunya, A Brief Story of Time. Sebenarnya, pernyataan ini tak begitu mengherankan, mengingat Hawking adalah ateis alias tak percaya Tuhan.

Bukan Tuhan yang menciptakan alam semesta

Bagi kita yang memegang teguh ajaran agama, pasti sangat mempercayai jika sesuatu itu datangnya dari ketidakberadaan. Sama seperti alam semesta yang sebelumnya tidak ada lalu eksis. Termasuk pula yang mengatur sistem peredarannya, dan lain sebagainya, sudah pasti ada yang mengontrol semua itu, dan Dialah Tuhan.

Namun lagi-lagi hal ini tak dipercayai Hawking. Menurutnya, alam semesta tercipta dengan sendirinya, tanpa campur tangan Tuhan.

“Karena hukum gravitasi, alam semesta dapat tercipta dengan sendirinya. Tidak perlu Tuhan untuk memicu pembuatannya dan mengatur segala isi di dalamnya,” ungkap Hawking.

Surga dan neraka hanyalah dongeng

Kita sangat percaya jika ada yang kehidupan setelah kematian. Bahkan keberadaan surga dan neraka juga bukan hal yang meragukan sebagai tempat terakhir manusia, serta sebagai balasan dari perbuatan semasa hidup. Stephen Hawking menyangkal hal ini, dan menganggap surga dan neraka hanyalah dongeng bagi mereka yang takut mati.

Hawking menganggap manusia yang sudah meninggal ibarat komputer rusak, dan menurutnya tak ada kehidupan lain apa pun untuk sebuah komputer yang tak berfungsi lagi. “Tidak ada surga atau kehidupan lain untuk komputer yang rusak, itu hanya cerita dongeng.”

Manusia sejatinya bisa hidup abadi

Dalam sebuah film berjudul Chappie, ditunjukkan jika otak manusia bagai sebuah data yang bisa dipindah dari satu tempat ke tempat lain. Stephen Hawking mengatakan hal ini bisa saja terjadi, dan akan membuat manusia bisa hidup abadi.

“Menurutku, otak seperti sebuah program dalam pikiran manusia, yang mirip komputer. Jadi, secara teoritis, menyalin otak adalah hal yang memungkinkan. Hal itu akan menyediakan bentuk kehidupan setelah mati,” ungkapnya dalam sebuah sesi wawancara.

Meskipun yakin manusia bisa hidup abadi, Hawking mengatakan ini masih di luar kemampuan manusia sekarang. Beberapa tahun lagi mungkin hal seperti ini benar-benar bisa dilakukan, ungkapnya.

Bunuh diri adalah opsi yang bisa dipilih seseorang

Siapa pun akan mengecam tindakan bunuh diri sebagai solusi atas sebuah masalah. Bahkan dalam agama, hal ini sangat dibenci dan akan membuat pelakunya disiksa di akhirat. Namun Hawking mengatakan bunuh diri adalah hal wajar dan diperbolehkan. Tapi untuk kasus tertentu.

Misalnya ketika mengalami penyakit berat, Hawking mengatakan siapa pun boleh memilih opsi mati sebagai jalan keluar atas penyakitnya tersebut.

“Menurutku, mereka yang menderita penyakit parah dan mengalami rasa sakit luar biasa, punya hak untuk memilih mengakhiri hidupnya. Dan siapa pun yang membantu mereka mewujudkan keinginan itu, tak boleh dihukum,” ungkap Hawking. “Kita tak bisa membiarkan binatang menderita, mengapa tidak demikian dengan manusia?”

Related

Science 8821908540730501616

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item