Ini Penyebab Gunung Meletus Hingga Mengguncangkan Bumi

Ini Penyebab Gunung Meletus Hingga Mengguncangkan Bumi

Naviri Magazine - Di dalam gunung berapi terdapat magma, yaitu batu dan cairan yang sangat panas. Gas dan uap air yang terjebak di dalam magma akan mengembang secara berangsur-angsur, sampai berhasil menemukan jalan keluar.

Keluarnya magma yang didorong oleh gas dan uap air itulah yang kemudian disebut letusan gunung. Sedang magma yang terlempar jatuh bisa dalam bentuk debu sampai gumpalan batu.

Apa yang menyebabkan gunung meletus?

Gunung meletus adalah peristiwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut Bumi yang didorong keluar oleh gas bertekanan tinggi.

Magma adalah cairan pijar yang terdapat di dalam lapisan Bumi dengan suhu sangat tinggi, diperkirakan lebih dari 1.000 derajat Celcius. Cairan magma yang keluar dari dalam Bumi disebut lava. Suhu lava yang dikeluarkan bisa mencapai 700 sampai 1.200 derajat Celcius.

Letusan gunung berapi yang membawa batu dan abu dapat menyembur sampai sejauh radius 18 kilometer atau lebih, sedangkan lavanya dapat membanjiri sampai sejauh radius 90 kilometer.

Tidak semua gunung berapi sering meletus. Gunung berapi yang sering meletus disebut gunung berapi aktif.

Related

Science 3840709077523657647

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item