Kisah Ledakan Gunung Krakatau yang Pernah Mengguncang Bumi

Kisah Ledakan Gunung Krakatau yang Pernah Mengguncang Bumi

Naviri Magazine - Letusan gunung Krakatau mulai terjadi pada 20 Mei 1883, dan kemudian benar-benar meletus pada 26-27 Agustus 1883. Letusan tersebut dianggap sebagai letusan gunung paling spektakuler sepanjang sejarah.

Letusan itu sangat dahsyat. Awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Suara letusannya terdengar sampai di Alice Springs, Australia, dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, yang jauhnya mencapai 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.

Karena besarnya tingkat ledakan yang terjadi, letusan Krakatau juga menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer, dan matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Hamburan debu dari letusan Krakatau bahkan tampak di langit Norwegia sampai New York.

Sebenarnya, letusan Krakatau masih kalah jika dibandingkan letusan gunung Toba dan gunung Tambora di Indonesia, gunung Tanpo di Selandia Baru, atau gunung Katmal di Alaska. Namun, gunung-gunung tersebut meletus pada masa populasi manusia masih sangat sedikit.

Sedangkan gunung Krakatau meletus pada masa ketika populasi manusia sudah cukup padat, sains dan teknologi telah berkembang, telegraf sudah ditemukan, dan kabel bawah laut sudah dipasang, sehingga dapat dikatakan saat itu teknologi informasi sedang tumbuh dan berkembang pesat.

Letusan gunung Krakatau adalah bencana besar pertama di dunia setelah penemuan telegraf bawah laut. Kemajuan tersebut sayangnya belum diimbangi dengan kemajuan di bidang geologi. Para ahli geologi masa itu bahkan belum mampu memberikan penjelasan mengenai letusan tersebut.

Related

World's Fact 1477339301553745826

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item