Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu (Bagian 1)

Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu

Naviri Magazine - Lautan adalah kawasan yang sangat luas, bahkan lebih luas dari daratan. Karenanya, pengetahuan manusia mengenai lautan bisa dibilang masih sangat terbatas, termasuk mengetahui makhluk-makhluk apa saja yang ada di dalamnya.

Kedalaman laut mencapai ratusan meter. Di kedalaman laut, ada berbagai makhluk yang hidup, dan para ilmuwan maupun peneliti kesulitan untuk mengetahui semuanya, karena sulitnya penelitian. Meski begitu, kadang makhluk-makhluk aneh dari dasar laut itu menampakkan diri, sehingga bisa diketahui. Berikut ini di antaranya.

Weird Creature

Ditemukan pertama kali oleh tentara Rusia di pantai Sakhalin, daerah paling timur Rusia. Penduduk setempat tidak bisa mengidentifikasi makluk misterius ini. Jika dikaitkan dengan susunan tulang dan gigi tidak termasuk jenis ikan, dan jika dikaitkan dengan susunan kerangkanya bukan termasuk jenis buaya atau aligator.

Makhluk ini mempunyai bulu pada kulitnya. Saat ini, makhluk tersebut disimpan oleh pihak Rusia untuk penelitian lebih lanjut.

Fanfin Seadevil

Ikan ini mempunyai bentuk yang paling aneh dalam keluarga anglerfish. Ikan ini dapat dibedakan dari keluarga anglerfish yang lain, karena mempunyai semacam umpan bioluminescent yang terdapat di atas kepalanya.

Angler

Angler - Lophiiformes (bahasa Inggris: Monkfish, Goosefish, Anglerfish) atau Ikan Sungut Ganda, adalah ordo ikan bertulang sejati yang umumnya hidup di laut dalam. Habitatnya di Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Laut Mediterania. Ikan dari ordo Lophiiformes ini terlihat mencolok dengan bagian kepala yang besar dan lebar.

Lophiiformes adalah ikan karnivora, mulutnya besar dan bergigi. Ikan ini menyelam hingga ke dasar laut. Dan agar bisa menyerang ikan lain, mulutnya sedikit menghadap ke atas. Di bagian atas mulut terdapat antena yang bisa digerak-gerakkan sebagai umpan untuk menarik perhatian mangsa. Lophiiformes sering juga naik ke permukaan untuk menyerang burung laut.

Coffinfish

Coffinfish merupakan keluarga chaunacidae (anglerfish laut dalam). Jenis ini terdapat di kedalaman lereng kontinental samudra Atlantik, laut India, dan laut Pasifik, di kedalaman lebih dari 2.000 meter. Ikan ini mempunyai tubuh bulat dengan duri di seluruh tubuh.

Fangtooth

Fangtooth merupakan ikan dengan bentuk yang menakutkan, dan mendiami laut dalam. Dinamakan fangtooth, karena bentuk tubuhnya panjang, tajam, gigi seperti serigala, dan mulut yang besar. Ikan ini juga biasa disebut ogrefish, karena bentuknya yang menyeramkan.

Ikan fangtooth adalah spesies lautan dalam, yang hidup di kedalaman sekitar 16.000 kaki. Tekanan air pada kedalaman ini sangat intens dan mendekati beku. Pada kedalaman ini juga jarang sekali ditemukan makanan, jadi ikan ini termasuk ikan pemakan segala.

Seapig

Cumi Piglet adalah makhluk yang cukup misterius. Sangat sedikit diketahui biologisnya. Ia merupakan cumi-cumi yang unik, karena bentuk lengan dan tentakelnya seperti jambul berumbai, dan bentuk tubuhnya bundar.

Pola tubuh yang tidak biasa, diakibatkan pigmentasi kulit, menyebabkan cumi-cumi jenis ini seolah-olah memiliki senyum di wajahnya. Hampir keseluruhan tubuhnya tembus pandang, kecuali pada beberapa bagian yang mengandung pigmen, atau kromatofor, yang memberi hewan ini penampilan khas.

Shovelnose Guitarfish Mouth

The Shovelnose Guitarfish atau Rhinobatos productus adalah satu dari bermacam jenis guitarfish yang ada. Ikan ini dinamai dari bentuknya yang menyerupai gitar, dan dapat ditemukan di dasar pasir pada kedalaman kurang dari 40 kaki atau lebih.

Warna pada ikan ini membantu mereka dalam mencari makanan, karena tersamar dengan pasir laut. Strategi mereka dalam mencari makanan adalah dengan mengubur tubuh di pasir, dengan hanya lubang hidung yang terlihat, menunggu sampai mangsa mendekat.

Viper Fish

Ikan ini adalah salah satu predator terhebat di bagian paling dalam dari laut, dan diyakini menyerang mangsa dengan memikat korban dekat dirinya, dengan organ yang menghasilkan cahaya. Organ ini disebut photophore, dan terletak di ujung tulang dorsal.

Viperfish bervariasi dalam warna, antara hijau, perak, dan hitam. Mereka menggunakan taring seperti gigi untuk melumpuhkan mangsa. Mereka mampu menjalani waktu yang lama dengan hampir tanpa makanan.

Baca lanjutannya: Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu (Bagian 2)

Related

Science 8925865695470049933

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item