Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu (Bagian 2)

Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Dumbo Octopus

Dumbo octopus termasuk dalam marga grimpoteuthis. Dikenal dengan dumbo octopus karena telinganya (seperti sirip yang menonjol dari bagian kepala) yang besar menyerupai karakter tokok kartun Walt Disney.

Makhluk ini hidup di kedalaman 3.000 sampai 4.000 meter, dan ada beberapa yang bisa bertahan hingga kedalaman 7.000 meter di bawah permukaan laut. Gurita ini merupakan jenis langka. Gurita terbesar tercatat memiliki panjang 1,8 m dan berat 5,9 kg.

Gurita ini berenang dengan menggunakan sirip yang menyerupai kuping. Makanan makhluk ini adalah hewan laut kecil dan cacing laut.

Weird Creature 2

Makhluk aneh ini ditemukan terdampar di pantai, dan tidak ada yang mengetahui makhluk apa ini. Bahkan banyak peneliti yang tidak bisa mengklasifikasikan jenisnya. Makhluk ini mempunyai banyak teritip yang menjuntai dari tubuhnya, dan beberapa kalangan menyebut makhluk ini termasuk jenis crustacean. Tidak ada yang mengetahui makanan makhluk ini.

Black Lip Rattail Fish 

Ikan ini mencari makanan di dasar laut yang berlumpur dengan cara meluncur, kepala di bawah dan ekor ke atas, dan digerakkan dengan sirip yang panjang. Kepala yang berbentuk segitiga membantunya menemukan makanan yang berada di bawah lumpur. Sisik seperti baja yang terdapat di kepalanya melindungi ikan ini dari predator.

Fangtooth Fish

Fangtooth adalah ikan pembunuh di laut dalam yang mengerikan, dan salah satu ikan yang mendiami perairan paling dalam. Ikan fangtooth dapat ditemukan pada kedalaman 5 km di bawah permukaan laut. Mempunyai gigi seperti serigala, dan rahang yang kuat.

Ikan ini diyakini merupakan jenis yang mempunyai gigi terbesar dibandingkan besar tubuhnya, dan memungkinkannya untuk mengoyak daging apa pun, meski mangsanya lebih besar dari tubuhnya. Walaupun mempunyai tampang menyeramkan dan menakutkan, ikan ini terlalu kecil untuk dapat melukai manusia.

Mantis Shrimp

Mantis shrimp adalah kerabat jauh udang, kepiting, dan lobster. Bagian yang paling terkenal adalah sepasang kaki yang merupakan senjata mematikan bagi mangsanya.

Axolotl

Satu spesies eksklusif dari danau Xochimilco, di Meksiko, spesies axolotl (berarti "raksasa air" dalam Nahuatl, bahasa Aztec) sebenarnya sejenis salamander. Tidak hanya memiliki wajah yang tampak lucu tapi juga aneh, dengan insang seperti bulu.

Amfibi langka ini terancam punah karena polusi, dan juga dianggap makanan lezat di beberapa bagian Meksiko.

Elephant Fist Mouth

Keluarga Mormyridae, kadang disebut sebagai "elephantfish", adalah ikan air tawar asli Afrika. Ikan ini diketahui mempunyai otak yang besar, dan tingkat intelegensi yang tinggi.

Ikan ini berbeda dengan Australian ghost shark (Callorhinchus milii) yang juga dikaitkan dengan sebutan "elephantfish". Bagi kalangan peneliti, Australian Ghost Shark disebut sebagai elephant shark.

Frogfish

Frogfish adalah sejenis ikan yang ditemukan Ted Pietsch, Rachel Arnold, dan David Hall. Tiga instruktur penyelam asal Amerika itu mempublikasikan penemuannya di jurnal ilmiah Copeia, 2008. Dari hasil publikasi itu, Frogfish sangat terkenal di dunia, karena bentuknya yang unik serta perilakunya berbeda dengan jenis ikan lainnya.

Frogfish dapat mengganti warna kulit menyerupai lingkungannya, terdiri dari berbagai bentuk. Frogfish pertama kali ditemukan di Laha, sebuah desa pesisir perairan dangkal di Pulau Ambon.

Selain di teluk Ambon, beberapa spot di Bali dan Sulawesi juga memiliki frogfish dalam berbagai bentuk dan warna. Tetapi kini ikan unik ini terancam punah. Para penyelam sulit mendapatkannya, karena ekosistemnya mulai rusak oleh pencemaran.

Dragon Fish

Ikan dragonfish Australia memiliki gigi yang tajam. Beringas dalam mencari mangsa dalam dinginnya kedalaman laut.

Basket Star

Ikan yang berbentuk seperti bintang dan keranjang ini masih saudara dengan bintang laut. Tentakelnya menyerupai akar pohon, dan ikan ini memakan mangsa dengan menangkap serangga laut dengan tentakelnya.

Black Swallower Fish

The Black Swallower adalah ikan kecil yang merupakan pemangsa menakjubkan (dapat memakan ikan dengan ukuran tiga kali lebih besar dari tubuhnya). Hal ini merupakan teknik bertahan yang sederhana, karena di kedalaman laut jarang ditemukan makanan, jadi ikan ini memakan apa saja selama bisa didapat.

Baca lanjutannya: Makhluk-makhluk Aneh Penghuni Laut yang Jarang Kita Tahu (Bagian 3)

Related

Science 5814188959566607006

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item