Mengenal Petrologi, Ilmu yang Mempelajari Batuan di Bumi

Mengenal Petrologi, Ilmu yang Mempelajari Batuan di Bumi

Naviri Magazine - Petrologi adalah bidang geologi yang berfokus pada studi mengenai batuan dan kondisi pembentukannya. Ada tiga cabang petrologi, berkaitan dengan tiga tipe batuan, yaitu beku, metamorf, dan sedimen. Istilah “petrologi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “petra”, yang berarti “batu”.

Petrologi batuan beku berfokus pada komposisi dan tekstur batuan beku (seperti granit atau basalt yang telah mengkristal dari batu lebur atau magma). Batuan beku mencakup batuan vulkanik dan plutonik.

Petrologi batuan sedimen berfokus pada komposisi dan tekstur batuan sedimen (seperti batu pasir atau batu gamping yang mengandung partikel-partikel sedimen terikat dengan matrik atau material lebih halus).   

Petrologi batuan metamorf berfokus pada komposisi dan tekstur batuan metamorf (seperti batu sabak atau batu marmer yang bermula dari batuan sedimen atau beku, tetapi telah melalui perubahan kimia, mineralogi, atau tekstur, dikarenakan kondisi ekstrem tekanan, suhu, atau keduanya).

Petrologi memanfaatkan bidang klasik mineralogi, petrografi mikroskopis, dan analisis kimia, untuk menggambarkan komposisi dan tekstur batuan.

Ahli petrologi modern juga menyertakan prinsip geokimia dan geofisika dalam penelitan, kecenderungan dan siklus geokimia, dan penggunaan data termodinamika, serta eksperimen untuk lebih mengetahui asal batuan.

Related

Science 2604298196081384298

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item