Telah Ditemukan Planet Mirip Bumi, Bisa Ditinggali Manusia?

Telah Ditemukan Planet Mirip Bumi, Bisa Ditinggali Manusia?

Naviri Magazine - Telah diketahui bahwa pencarian terus dilakukan oleh para astronom untuk menemukan planet yang mirip bumi, dan tentu saja bukan hanya tampilan fisik yang mirip tapi juga mampu dihuni manusia.

Bumi layak ditempati karena komposisi yang terdapat di dalam dan di luar bumi menyediakan apa yang dibutuhkan manusia dan makhluk hidup lainnya, seperti kandungan udara yang cocok untuk kebutuhan makhluk hidup, dan ketersediaan air. Hal inilah yang menjadi dasar syarat planet dikatakan mirip bumi.

Salah satu satelit, bernama Kepler, milik National Aeronautics and Space Administration atau NASA, telah menemukan planet yang merupakan kandidat terkuat sebagai planet mirip bumi. 

Planet yang diberi nama Kepler 425b ini memiliki ukuran 1,6 kali ukuran bumi. Meski tidak berada di tata surya yang sama dengan bumi, planet ini dilaporkan mengorbit bintang yang mirip matahari pada tata suryanya. Namun jarak antara planet Kepler dengan mataharinya lebih jauh dibanding jarak antara bumi dengan matahari.

Namun, bintang induknya diperkirakan lebih terang dari matahari, sehingga tidak perlu khawatir mengenai energi yang diterima planet ini. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu peneliti, Jon Jenkins, yang mengatakan bahwa sinar matahari Kepler 425b juga sama seperti yang diterima bumi dari matahari.

Selain itu, planet tersebut memiliki atmosfer yang lebih tebal dibandingkan bumi, meskipun belum diketahui kandungannya. Kemiripan lainnya adalah waktu planet Kepler untuk berevolusi tidak jauh berbeda dengan bumi, yaitu 385 hari, sedangkan bumi 365 hari.

Untuk menjangkau atau mengunjungi planet ini dibutuhkan waktu lama. Hal ini disebabkan karena jaraknya cukup jauh dari tata surya kita, dimana Kepler 452b berjarak 1.400 tahun cahaya dari bumi. Penelitian lebih lanjut terus dilakukan untuk memastikan seberapa mirip planet ini terhadap bumi kita.

Related

Science 6080953330813070285

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item