Misteri Wanita Raksasa Keturunan Manusia Salju di Rusia

Misteri Wanita Raksasa Keturunan Manusia Salju di Rusia

Naviri Magazine - Selama puluhan tahun, manusia salju di Himalaya yang disebut Yeti terus-menerus menjadi misteri. Dan kini, seorang ahli genetika mengklaim telah menemukan bukti terbaik bahwa seorang perempuan yang tinggal di Rusia pada abad ke-19 bisa saja turunan yeti.

Sosok perempuan raksasa yang dikenal dengan nama Zana dan tinggal di Rusia pada abad 19 itu telah menjadi perdebatan sekaligus legenda hingga saat ini.

Sebagian ilmuwan menganggap kisah itu hanya mitos, tetapi seorang pakar genetika Inggris bilang, Zana adalah nyata dan bukan manusia.

Bryan Sykes, pakar genetika dari Universitas Oxford, mengatakan, berdasarkan risetnya, Zana adalah "setengah manusia dan setengah kera". Ia tak menutup kemungkinan bahwa makhluk berjenis kelamin wanita itu adalah yeti, mahluk yang ada dalam legenda-legenda timur.

Menurut catatan sejumlah saksi, Zana adalah mahluk setinggi 197 cm yang pertama kali ditemukan di penungan Kaukasus, di antara Georgia dan Rusia. Tubuhnya diselimuti oleh bulu tebal.

Ia ditangkap oleh pedagang lokal pada tahun 1850-an. Ia terus berpindah tangan karena diperdagangkan, sampai akhirnya dirawat dan dijadikan pelayan oleh seorang bangsawan di Tkhina, Republik Abkhazia, Rusia.

Zana mempunyai empat anak, hasil hubungannya dengan lelaki lokal. Beberapa keturunannya masih hidup di wilayah Rusia sampai saat ini.

Skyes, dalam penelitiannya, menganalisis contoh ludah dari enam anggota keluarga Zana yang masih hidup dan gigi dari Khwit, putera Zana yang sudah wafat.

Hasil uji DNA menunjukkan bahwa mereka mempunyai 'DNA Afrika'. DNA Zana menunjukkan bahwa dirinya adalah anggota ras Afrika, tetapi tak mirip sama sekali dengan satu pun ras yang kini hidup di Afrika.

Sejumlah teori menyebutkan bahwa nenek moyang Zana datang dari Afrika, sekitar 100 ribu tahun lalu, dan hidup di pegungungan Kaukasus.

Zana dikenal sangat kuat. Ia bisa mengalahkan seekor kuda dalam adu lari, dan bisa berenang melintasi sungai Moskwa, meski saat arus deras.

Related

Science 6575567844832361604

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item