Begini Proses Terbentuknya Terumbu Karang di Laut

Begini Proses Terbentuknya Terumbu Karang di Laut

Naviri Magazine - Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga, yang disebut zooxanhellae. Terumbu karang termasuk jenis filum Cnidaria kelas Anthozoa, yang memiliki tentakel.

Kelas Anthozoa tersebut terdiri dari dua subkelas, yaitu Hexacorallia (atau Zoantharia) dan Octocorallia, yang keduanya dibedakan secara asal-usul, morfologi dan fisiologi.

Terumbu karang merupakan ekosistem di dasar laut tropis yang dibangun terutama oleh biota laut penghasil kapur (CaCO3), khususnya jenis karang batu dan alga berkapur, bersama-sama dengan biota yang hidup di dasar lainnya seperti jenis moluska, krustasea, echinodermata, polikhaeta, porifera, dan tunikata, serta biota-biota lain yang hidup bebas di perairan sekitarnya, termasuk jenis-jenis plankton dan jenis-jenis nekton.

Secara umum, terumbu karang digunakan untuk menyebut struktur fisik beserta ekosistem yang menyertainya, yang secara aktif membentuk sedimen kalsium karbonat akibat aktivitas biologi (biogenik) yang berlangsung di bawah permukaan laut.

Bagi ahli geologi, terumbu karang merupakan struktur batuan sedimen dari kapur (kalsium karbonat) di dalam laut, atau disebut dengan istilah “terumbu”.

Bagi ahli biologi, terumbu karang adalah ekosistem yang dibentuk dan didominasi oleh komunitas koral.

Begini Proses Terbentuknya Terumbu Karang di Laut

Related

Science 3481617898514166629

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item