Ini 7 Budaya Unik yang Biasa Dilakukan Masyarakat Jepang

Ini 7 Budaya Unik yang Biasa Dilakukan Masyarakat Jepang

Naviri Magazine - Jepang merupakan negara maju di Asia. Dengan segala yang ada, mulai dari teknologi, budaya, hingga kuliner, Jepang seperti tak pernah berhenti membuat orang terpukau. Selain itu, tingkat kesehatan serta kedisipilinan masyarakat Jepang tak perlu dipertanyakan lagi.

Ketika mengunjungi negara Matahari Terbit ini, banyak hal yang akan mengejutkan dan belum pernah kita temui di manapun. Mungkin ada yang sama, ada pula yang berbeda. Bagi yang belum pernah berkunjung ke Jepang, berikut adalah beberapa hal yang mungkin perlu diketahui.

Makan bersuara

Saat di beberapa negara, termasuk Indonesia, menganggap makan bersuara tidak sopan, lain halnya di Jepang. Untuk menikmati semangkuk ramen, soba, atau udon, masyarakat Jepang mengeluarkan suara saat makan, dan hal tersebut dianggap bahwa konsumen sangat menikmati makanannya.

Toilet

Meskipun sudah banyak toilet duduk, di Jepang juga terdapat toilet lantai yang biasa disebut 'washiki.' Washiki adalah toilet tradisional Jepang dengan bentuk sedikit lebih panjang, dan terletak pendek di lantai.

Jika terpaksa memakai toilet ini, pastikan tidak ada barang dalam kantong celana, atau baju. Beberapa toilet umum memiliki dua jenis toilet tersebut, model duduk dan washiki.

Pemandian umum

Baik pemandian Onsen (pemandian air panas) maupun Sento (pemandian umum), biasanya orang bertato dilarang masuk ke tempat itu. Hal ini lantaran tato sering dikaitkan dengan Yakuza.

Sedangkan tato berukuran kecil yang masih bisa ditutup dengan perban tidak menjadi masalah, atau bisa memilih pemandian pribadi yang biasa disebut kashikiri.

Membuang sampah dan memilah

Beberapa tempat sampah terletak di luar toko atau di dalam toko, di luar atau di dalam stasiun kereta bawah tanah. Apabila masih sulit menemukan tempat sampah, bersiaplah untuk membawa sampah yang ingin dibuang, hingga menemukan tempat sampah. Ingatlah, Jepang sangat memerhatikan cara memilah sampah.

Meninggalkan barang

Jepang adalah negara yang sangat aman, dan salah satu negara dengan tingkat kriminalitas terendah di dunia. Sudah menjadi hal biasa saat berada di suatu restoran atau kafe, orang Jepang meninggalkan barangnya di meja sembarangan.

Budaya antre

Tidak suka mengantre dan menyerobot antrean, sebaiknya berlatih mengantre sebelum berkunjung ke Jepang. Dalam semua hal, masyarakat di Jepang terbiasa mengantre dan tidak memotong antrean, baik di eskalator, kereta, bahkan membeli popcorn atau makanan lain. Sungguh tertib sekali.

Kehilangan barang

Barang-barang yang hilang pasti kembali, baik dompet, payung, atau barang lain. Saat barang hilang di stasiun, barang bisa dicari di stasiun terakhir, atau tanyakan pada petugas stasiun. Saat barang hilang di tempat selain stasiun, coba cari kantor polisi terdekat.

Related

World's Fact 9074642180400415459

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item