Fidel Castro, Presiden Kuba yang Mampu Mengalahkan Taktik CIA

Fidel Castro, Presiden Kuba yang Mampu Mengalahkan Taktik CIA

Naviri Magazine - Presiden Kuba, Fidel Alejandro Castro Ruz (Fidel Castro), lahir 13 Agustus 1926; adalah Presiden Kuba sejak 1976 hingga 2008. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Perdana Menteri atas penunjukannya pada Februari 1959, setelah tampil sebagai komandan revolusi yang gagal.

Castro tampil sebagai sekretaris pertama Partai Komunis Kuba (Communist Party of Cuba) pada tahun 1965, dan mentransformasikan Kuba ke dalam republik sosialis satu-partai. Setelah tampil sebagai presiden, ia tampil sebagai komandan Militer Kuba. Pada 31 Juli 2006, Castro menyerahkan jabatan kepresidenannya kepada adiknya, Raúl, untuk beberapa waktu.

Tahun 1953, ia memimpin serangan ke barak militer Moncada Santiago de Cuba, namun gagal. Sebanyak 69 orang dari 111 orang yang ambil bagian dalam serbuan itu tewas, dan ia dipenjara selama 15 tahun.

Pengamat dan kolumnis The New York Times, Kevin Barnet, mengatakan bahwa pengawal Castro, Fabian Escalante, pernah menyebutkan Badan Intelijen Amerika (CIA) sudah 638 kali mencoba membunuh Castro.

Metode CIA, kata dia, meliputi meledakkan cerutu, senjata biologi, pil mematikan, bakteri beracun dalam kopi, ledakan pengeras suara di mimbar pidato, penembak jitu, dan ledakan granat bawah air, hingga menggunakan radioaktif yang berbahaya, polonium misalnya.

Selain bahan radioaktif, ada pula bahan kimia yang tak terdeteksi, yaitu Thallium. Selain intelijen AS, beberapa intelijen dari negara-negara sekutunya juga membuat operasi rahasia yang sama.

Menurut sebuah dokumen yang tidak lagi dirahasiakan dan telah diterbitkan oleh Badan Intelijen Pusat AS, CIA, pada 2007 Castro telah menjadi target sejumlah plot pembunuhan AS. Dan seorang agen intelijen Kuba, yang berhasil menyusup ke dalam dinas rahasia Amerika Serikat, CIA, Nicolas Alberto Sirgado Ross, berhasil membunuh Fidel Castro.

Related

History 4145001286507213049

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item