Hedy Lamarr, Artis Cantik yang Juga Ilmuwan Hebat

Hedy Lamarr, Artis Cantik yang Juga Ilmuwan Hebat

Naviri Magazine - Hedy Lamarr adalah sosok wanita yang hampir jarang ditemui di era kekinian. Dia merupakan selebriti kenamaan pada masanya, serta seorang ilmuwan yang sangat cerdas.

Lamarr adalah aktris yang cukup terkenal di tahun 1930-an, dengan paras cantik serta akting kontroversinya yang melegenda. Salah satunya dalam film berjudul Ecstasy, yang membuatnya berakting sangat berani.

Kesampingkan dulu pesona selebritinya, dan kita kuak bagaimana sosok ini dalam statusnya yang juga seorang ilmuwan. Lamarr adalah pemilik paten pertama untuk teknologi spektrum sebar dan perpindahan frekuensi. Implementasinya bisa digunakan untuk mengacaukan sistem detektor torpedo musuh.

Alhasil, rudal bawah air yang dibekali dengan teknologi ini takkan bisa dilacak. Lamarr menemukan ini bersama seorang komponis bernama George Antheill. Sayangnya, ketika mereka berdua mempresentasikan hal ini kepada angkatan laut Amerika, teknologi tersebut ditolak mentah-mentah.

Pada akhirnya, mungkin penemuan ini tidak akan benar-benar berguna. Namun hal tersebut ternyata tak terjadi ketika beberapa tahun setelahnya teknologi tersebut menjadi dasar dari banyak penemuan penting.

Ya, berbekal perpindahan frekuensi serta spektrum sebar milik Lamarr, kemudian muncul yang namanya Bluetooth, Wi-Fi, dan CDMA. Hingga akhirnya, penemuan yang gagal diterima ini diapresiasi dengan penghargaan pada tahun 1997.

Related

Science 2238121887702434085

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item