Ini 5 Ikan dengan Penampilan Paling Menyeramkan di Dunia

Ini 5 Ikan dengan Penampilan Paling Menyeramkan di Dunia

Naviri Magazine - Ikan adalah hewan populer yang bisa ditemukan di mana saja, khususnya di kawasan berair. Secara garis besar, ikan bisa digolongkan dalam dua bagian, yaitu ikan yang hidup di air tawar dan ikan yang hidup di air asin. Ada pula ikan yang hidup di permukaan laut, juga ikan yang hidup di kedalaman laut.

Ikan-ikan yang kita kenal selama ini biasanya ikan-ikan yang hidup di permukaan laut, sementara ikan-ikan di kedalaman laut jarang terlihat karena mereka memang hidup di dasar laut. Yang menarik, ikan-ikan di dasar laut itu umumnya memiliki tampang penampilan yang menyeramkan, seperti lima ikan berikut ini.

Ini 5 Ikan dengan Penampilan Paling Menyeramkan di Dunia

Goliath Tiger Fish

Banyak mitos terkait ikan pemangsa bergigi tajam yang menghantui sungai-sungai di Afrika, dan ikan itu kemungkinan adalah Goliath Tiger Fish. Ikan air tawar ini bisa tumbuh sampai sepanjang 170 centimeter, atau setara tinggi orang dewasa.

Yang bikin ngeri, Goliath Tiger Fish mempunyai 32 gigi berukuran besar, mirip hiu putih raksasa atau buaya air asin. Tidak salah bila Goliath Tiger Fish disebut warga Afrika sebagai pemakan buaya!

Ini 5 Ikan dengan Penampilan Paling Menyeramkan di Dunia

Sarcastic Fringehead

Sarcastic Fringehead atau Neoclinus blanchardi terlihat seperti gabungan antara ular berbisa dan komodo. Ikan yang ukurannya bisa sampai 30 centimeter ini mempunyai mulut yang bisa terbuka sangat lebar, dan memamerkan gigi-gigi tajamnya.

Neoclinus blanchardi disebut menjadi inspirasi pembuatan vampir di film francise 'Blade'. Hal ini cukup akurat, sebab ikan ini hidup sendirian, dan menyerang dengan membuka lebar mulut untuk mempertahankan sarang mereka dari musuh.

Neoclinus blanchardi banyak terdapat di pantai Pasifik di utara Amerika, tepatnya di antara California dan Meksiko.

Ini 5 Ikan dengan Penampilan Paling Menyeramkan di Dunia

Hiu Goblin

Hiu Goblin bisa mencapai ukuran 1,26 meter, dan terlihat sangat menakutkan karena mempunyai gigi-gigi runcing yang menonjol ke depan. Apalagi, di kepalanya terdapat tanduk bak ujung tombak.

Menariknya, menurut penelitian, 'tombak' hiu Goblin dipakai untuk mendeteksi aliran listrik yang dibuat oleh mangsanya, yakni kepiting, cumi-cumi, dan udang kecil. Bisa dikatakan, tombak itu berfungsi bak detektor metal.

Ini 5 Ikan dengan Penampilan Paling Menyeramkan di Dunia

Fanfin Seadevil

Dari akhir namanya saja, 'devil', pasti sudah terasa spesies keluarga ikan anglerfish ini bukan hewan yang ingin kita lihat setiap hari. Fanfin Seadevil atau Caulophryne jordani adalah jenis anglerfish dengan rupa paling menakutkan di lautan.

Berbeda dengan anglerfish lain, Fanfin Seadevil tidak mempunyai lampu di ujung sungutnya untuk memancing ikan kecil. Tubuh ikan ini berwarna hitam, dengan sirip berbentuk kipas yang tidak beraturan. Wajah Fanfin Seadevil sering terlihat mirip mayat yang sudah membusuk beberapa hari, dengan sungut yang keluar dari berbagai bagian tubuhnya.

Fangtooth

Mimpi buruk para nelayan mungkin bisa dilihat dari Fangtooth (Anoplogastridae). Ikan ini mempunyai wajah bak tengkorak, namun dihiasi dengan gigi-gigi runcing yang berjajar di mulut lebarnya.

Rupa Fangtooth lebih menakutkan dengan warna hitam pekatnya, dan mata segelap langit malam. Singkat kata, Fangtooth lebih terlihat seperti ikan zombie yang bakal dijauhi manusia.

Untungnya, sampai saat ini Fangtooth terbesar yang ditemukan ukurannya tak sampai 20 centimeter. Ikan dengan tubuh bersisik bak duri ini juga hanya ditemukan di kedalaman laut 500-2.000 meter.

Related

Science 504498495900672388

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item