Ini Pesan Tersembunyi di Balik Kucing Mendekati Kita Saat Makan

Ini Pesan Tersembunyi di Balik Kucing Mendekati Kita Saat Makan

Naviri Magazine - Kucing sangat digemari banyak orang di dunia. Wajahnya yang lucu dan menggemaskan, serta sifatnya manja, adalah daya tarik yang membuat manusia menyukai kucing. Dalam riwayat, Nabi Muhammad SAW pun memelihara kucing, yang diberi nama Mueeza.

Meskipun tidak memelihara kucing, sebagian kita mungkin pernah didatangi kucing saat beraktivitas, contohnya ketika sedang makan. Beberapa di antara kita mungkin memberikan makan, namun sebagian lain mengusir kucing tersebut karena dianggap mengganggu.

Jika mengalami kondisi ini, jangan buru-buru mengusir. Berpikirlah sejenak kenapa kucing itu mendatangi Anda, dan bukan orang lain yang juga tengah menyantap makanan serupa?

Tahukah Anda, kucing yang datang itu ternyata membawa ‘pesan’ atau tanda? Berikut 3 tanda apabila kucing datang kepada kita, dan bukan orang lain.

Pesan pertama

Kedatangan kucing merupakan pertanda bahwa Allah SWT mengingatkan kita pada hakikat memberi. Semua rezeki yang kita dapat bukan sepenuhnya hak kita. Ada hak-hak orang lain yang seharusnya kita keluarkan. Seperti zakat fitrah dan zakat harta yang wajib dikeluarkan.

Tanpa menunaikan hal ini, tentu kita sebagai umat Islam belum menjalankan semua aturan yang harus ditegakkan. Dalam konteks kucing yang datang saat makan, mengingatkan kita bahwa karunia Allah yang kita terima juga harus dibagi dengan makhluk lain.

Artinya, dalam makanan yang kita santap, ada rezeki untuk kucing yang seharusnya kita berikan.

Pesan kedua

Memberi makan kepada makhluk Allah, termasuk kucing, merupakan kebaikan. Sesuai firman-Nya, Allah akan melipatgandakan satu kebaikan dengan 10 kali lipat kebaikan. Terlebih jika kita memberikan dengan ikhlas.

Jika berbuat baik pada manusia, seseorang kerap menginginkan balasan serupa dari orang lain. Namun tidak demikian jika manusia berbuat baik kepada kucing. Hewan ini tentu tidak bisa membalas apa yang sudah kita berikan terhadapnya.

Ketika membagi makanan dengan kucing, manusia belajar bagaimana rasanya memberi dengan penuh keikhlasan. Tindakan inilah yang seharusnya dilakukan manusia ketika memberi sesuatu kepada orang lain.

Pesan ketiga

Allah sedang memberitahu, apabila kita tidak memberi makan pada kucing itu, sebenarnya kita sedang menolak rezeki baru yang akan Allah berikan kepada kita. Rezeki itu luas, bukan hanya sekadar uang, tetapi meliputi semua kehidupan.

Semoga kita semua termasuk yang pandai membaca ‘tanda-tanda’ tersebut, dan bisa menarik hikmah dari kedatangan seeokor kucing saat kita sedang menyantap makanan.

Related

Moslem World 4492200798712741887

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item