Fakta-fakta Menarik Seputar Bahasa yang Digunakan Manusia

Fakta-fakta Menarik Seputar Bahasa yang Digunakan Manusia

Naviri Magazine - Apa jadinya jika manusia tidak mengenal bahasa dan kata-kata? Pasti kehidupan ini akan sulit dijalani. Pasalnya, kita membutuhkan bahasa dan kata-kata untuk hampir semua aktivitas yang kita lakukan, khususnya ketika berinteraksi dengan orang lain.

Bahasa adalah medium untuk mengungkapkan ide yang abstrak dan berkomunikasi. Meski begitu, selama ini masih banyak orang yang belum tahu fakta-fakta bahasa yang setiap saat kita gunakan. Berikut ini di antaranya.

Fakta #1

Bahasa diperkirakan sudah ada selama manusia modern hidup. Banyak perdebatan pada titik ini. Beberapa orang berargumen kalau bahasa mungkin baru ada sekitar 40 sampai 50 ribu tahun terakhir (meski manusia modern sudah ada sejak lebih dari 100 ribu tahun yang lalu).

Setidaknya, itu adalah ketika kemajuan budaya mulai mengambil tempat dalam kehidupan sehari-hari.

Fakta #2

Homo erectus menggunakan alat yang sama selama 40 ribu generasi, karena itulah yang baik untuk mereka atur tanpa bahasa. Homo erectus, spesies awal manusia yang dapat hidup panjang, membuat kapak yang sama untuk 40 ribu generasi.

Fakta #3

Tanpa bahasa, kita harus menemukan lagi budaya di setiap generasi. Salah satu keuntungan paling kuat dari bahasa adalah kita bisa melanjutkan pembangunan tanpa harus menemukan ulang roda.

Contohnya, jika ada manusia yang pindah ke lingkungan baru dan menemukan sebidang lahan, mereka tidak bisa mengkomunikasikan kemajuan yang sudah diraih ke orang lain yang mungkin akan bergabung nantinya.

Fakta #4

Bahasa memperbolehkan kita untuk melakukan tawar-menawar satu sama lain. Hal ini adalah aspek paling penting dari membangun masyarakat yang jujur. Bahasa bangkit supaya divisi kerja dapat berlangsung, dan struktur sosial dasar dapat dibangun.

Contohnya, bayangkan kalau ada seseorang yang sangat jago membuat kapak, dan yang lain ada yang jago membuat keranjang. Jika keduanya ingin barang yang dibuat satu sama lain, mereka harus mengetahui berapa harga produk mereka. Di sinilah bahasa diperlukan.

Fakta #5

Tak ada terlalu banyak suara yang tersedia untuk digunakan manusia. Perkiraan kasarnya, kemungkinan hanya ada 40 sampai 60 suara tersedia untuk digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi (meski hal tersebut masih kontroversial, dan sangat tergantung pada bagaimana seseorang mendefinisikan suara unik), karena kita semua memiliki alat yang sama untuk menghasilkan suara—pita suara, mulut, dan sebagainya.

Fakta #6

Setiap bahasa mungkin berasal dari sumber yang sama. Terdapat beragam penelitian yang dilakukan untuk membuktikan ini, menggunakan hal seperti motif geografis pada banyak suara dari berbagai bahasa yang ada.

Fakta #7

Bahasa berubah dengan cepat. Tapi itu bukan masalah karena kamu hanya benar-benar berbicara pada seseorang yang berada dua atau tiga generasi di atasmu. Salah satu hal penting dari bahasa adalah hal ini bagus untuk memancarkan informasi pada tiap generasi.

Fakta #8

Faktanya, bahasa butuh jarak sekitar 500 tahun untuk menjadi tidak dimengerti satu sama lain.

Fakta #9

Ada setidaknya 7.000 bahasa hari ini, dan mungkin ada sebanyak 140 ribu bahasa dituturkan selama keberadaan manusia. Tapi hanya 10 bahasa yang aktif dituturkan oleh 50% populasi dunia. Ini hanyalah pecahan kecil dari jumlah bahasa yang mungkin ada di dunia.

Fakta #10

Suatu hari nanti, kita mungkin akan kembali mendapati manusia yang berbicara dalam satu bahasa. UNESCO memperkirakan setengah dari bahasa yang dituturkan sekarang mungkin punah di akhir abad.

Fakta #11

Kita mungkin tak akan tahu sebagian besar evolusi bahasa. Akan sulit untuk kita benar-benar mengetahui segalanya tentang hubungan dari bahasa lebih dari 10 ribu tahun ke belakang.

Sementara kita dapat mengelompokkan bahasa (menjadi Indo-Eropa, contohnya), mengerti hubungan dan sejarah yang menuntun ke kelompok tersebut adalah “sebuah pertanyaan yang akan luput”. Ini bagaikan melihat pada pucuk pohon evolusi yang rumit, namun dengan bagian bawah yang sudah terpotong 90%.

Fakta #12

Kita mungkin bisa menggunakan informasi genetik untuk mengetahui bagian dari pohon evolusi tersebut.

Fakta #13

Sayangnya, kita mungkin tidak akan pernah tahu apa kata pertama dari bahasa di dunia yang disebutkan.

Related

Science 6969041510792607535

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item