Inilah Gunung yang Efek Letusannya Paling Mengerikan di Bumi

Inilah Gunung yang Efek Letusannya Paling Mengerikan di Bumi

Naviri Magazine - Di pulau Sumbawa, ada sebuah gunung bernama Tambora, yang pernah menjadi puncak tertinggi di Nusantara. Pada April 1815, gunung itu meletus, dan efek letusannya kemudian dianggap sebagai letusan gunung paling mengerikan di dunia, karena jumlah korban manusia serta lingkungan yang ditimbulkannya.

Pada April 1815, aktivitas gunung Tambora memuncak, dan hasilnya adalah ledakan yang menyebabkan lebih dari 71.000 orang tewas, secara langsung atau pun tak langsung. Ketinggian asap ledakannya mencapai 43 kilometer di langit, dan efeknya berdampak ke seluruh dunia.

Letusan gunung itu membawa perubahan bagi musim di Bumi bagian utara sebesar -0,5. Dampaknya terasa pada tahun 1816, ketika pada tahun itu bagian utara Bumi tidak mengalami musim panas. Bagian yang mengalami hal tersebut antara lain benua Amerika Utara dan Benua Eropa.

Tahun itu pun disebut “Year Without a Summer” atau “Tahun Tanpa Musim Panas”, dan pada tahun itu juga terjadi fenomena “musim dingin vulkanik” yang juga disebabkan dampak letusan gunung Tambora.

Setelah meletus pada April 1815 itu, dapur magma di gunung Tambora benar-benar kering akibat habis dimuntahkan, dan gunung itu perlu waktu 1 abad untuk bisa memulihkannya.

Related

World's Fact 2960358895246195439

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item