Kisah 5 Pernikahan Sesama Jenis Paling Kontroversial di Dunia

Kisah 5 Pernikahan Sesama Jenis Paling Kontroversial di Dunia

Naviri Magazine - Sebagian negara saat ini memang ada yang melegalkan pernikahan sesama jenis, meski sebagian negara lain tetap melarang hal tersebut. Meski begitu, pernikahan sesama jenis masih dianggap aneh, karena selama ini orang-orang mengenal pernikahan sebagai sarana untuk menyatukan lawan jenis, pria dan wanita.

Karenanya, terlepas apakah suatu negara melegalkan pernikahan sesama jenis atau tidak, pernikahan semacam itu biasanya mengundang perhatian dan sorotan. Di antara pernikahan sesama jenis yang pernah terjadi, berikut ini adalah lima yang dianggap paling kontroversial.

Pernikahan Joke, Belle, dan Art

Joke, Belle, dan Art adalah pasangan asal Thailand. Hubungan mereka sudah jelas tak biasa. Kalau biasanya hubungan asmara dijalin dua orang, hubungan mereka dijalani tiga pria. Uniknya, mereka bisa tetap rukun, meskipun hati terbagi tiga. Hubungan mereka menjadi sensasi di Thailand, setelah tiga pria muda ini melangsungkan pernikahan pada hari Valentine, 14 Februari 2015 lalu.

Menurut situs Coconuts Bangkok, pasangan pengantin tersebut mendadak populer setelah foto pernikahan mereka diunggah ke Facebook. Dalam waktu singkat, ketiganya langsung menjadi bahan pembicaraan di internet. Art, Belle, dan Joke, mendapat kritikan dan ucapan selamat di saat bersamaan.

Pernikahan Alison Brooks-Dmitry Kazhukhov

Pasangan ini sempat dilarang menikah oleh KUA setempat, karena dianggap menyalahi tatanan sosial. Sebab pernikahan gay memang dilarang di Rusia.

Padahal, keduanya adalah pasangan normal. Alison Brooks adalah perempuan, sementara Dmitry Kazhukhov adalah pria tulen.

Yang jadi masalah, Dmitry setiap hari berdandan ala wanita. Ia bahkan punya alter ego bernama Alina Davis. Pasangan ini kerap mengundang perhatian khalayak karena bermesraan di tempat umum, dengan dandanan identik seperti saudara kembar.

Pernikahan Kitten, Brynn, dan Doll Young

Jika pasangan Ball, Art, dan Joke, sukses membuatmu geleng-geleng kepala, yang satu ini juga tak kalah heboh. Kasusnya sama, hanya pelakunya adalah para wanita. Mereka adalah Kitten, Brynn, dan Doll Young. Pasangan cinta segitiga ini menikah pada Agustus 2013 lalu, dan sukses menjadi headline di berbagai media.

Meskipun pernikahan sesama jenis sudah legal di Amerika serikat, namun masih belum ada undang-undang tentang hubungan tiga orang seperti ini. Lagi pula, soal LGBT baru disahkan beberapa waktu yang lalu. Sehingga tidak heran kalau pernikahan ini bikin banyak orang bertanya-tanya.

Otoritas setempat juga dibikin bingung, dan sempat menyarankan mereka untuk tidak meneruskan perkawinan ruwet tersebut. Kabar terakhir dari pasangan nyeleneh ini, mereka tengah menunggu anak pertama yang tengah dikandung Kitten. Entah bagaimana bingungnya sang anak kelak, ketika makin tumbuh dewasa dan mengetahui ia memiliki tiga ibu sekaligus.

Pernikahan Brian Davidson dengan Scott Chang

Pernikahan diplomat, Brian Davidson, Konsulat Jenderal Inggris di Shanghai, dengan mitranya, Scott Chang, digelar di kediaman Duta Besar Inggris, Sebastian Wood, di Beijing, China. Pernikahan diplomat pertama itu tidak hanya menuai ucapan selamat dari sesama pasangan homoseksual lainnya, namun juga cibiran dari publik China.

Foto pernikahan keduanya diunggah oleh Wood di akun media sosial mirip Twitter, Sina Weibo, dengan tulisan, "tetap tenang dan menikah". Foto itu langsung menuai berbagai komentar miring dari pengguna dunia maya di Negeri Tirai Bambu.

"Negara ini jelas sudah sakit. Ini sama seperti hari terakhir di Roma," tulis seorang pengguna.

Pernikahan Yu Ya-ting dan Huang Mei-yu

Dengan diberkati oleh seorang biksu, Shih Chao-Hwei, pasangan wanita bernama Yu Ya-ting dan Huang Mei-yu resmi menjadi pasangan lesbian pertama yang menikah secara legal di Taiwan, yang menikah secara resmi dalam sebuah upacara Budha, di hadapan 100-an tamu undangan pada 11 Agustus 2012 yang lalu.

Pernikahan berlangsung di sebuah biara Budha di Guanyin Township, Taoyuan County. Meskipun pernikahan dihadiri banyak orang dari kalangan tamu undangan, kedua orang tua pasangan ini menolak hadir di acara kontroversial ini.

Ketidakhadiran orang tua pasangan mengingatkan mereka bahwa pernikahan sesama jenis tidak begitu diterima secara luas oleh kebanyakan masyarakat.

Related

World's Fact 5213290102833906209

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item