Kisah Cinta Tragis Cut Nyak Meutia, Pejuang Wanita Indonesia

 Kisah Cinta Tragis Cut Nyak Meutia, Pejuang Wanita Indonesia

Naviri Magazine - Cut Nyak Meutia adalah pejuang wanita Aceh yang sangat tangguh dan gigih dalam bertarung melawan penjajah. Kisah cinta Cut Nyak Meuthia dan suami pertamanya, Teuku Cut Muhammad atau Teuku Cik Tunang, adalah kisah cinta dan perjuangan yang hebat dan penuh pengorbanan.

Setelah beberapa lama bertempur di garis depan, Teuku Cik Tunong ditangkap oleh Belanda dan dijatuhi hukuman mati.

Menjelang hari pelaksanaan hukuman, Cut Nyak Meutia mengunjungi sang suami untuk terakhir kalinya, dengan membawa bayi mereka. Kedatangan dua orang yang dicintainya, membuat Teuku Cut Muhammad tersenyum, begitu juga si bayi yang gembira bertemu ayahnya, tanpa ia tahu bahwa hari itu adalah pertemuan terakhir dengan sang ayah.

Dari dalam jeruji, Teuku Cik Muhammad mengulurkan tangannya, yang dengan segera diraih istrinya, seakan tak mau melepaskan. Mata mereka basah, dan Teuku Cik Muhammad meminta Cut Nyak Meutia untuk meneruskan perjuangan yang dengan segera disanggupi.

Tapi tidak hanya itu saja, ia meminta istrinya untuk menikah dengan Pang Nanggroe, sahabat dan rekan seperjuangannya, agar Cut Nyak Meutia bisa bersama-sama maju ke medan perang.

“Aku berjanji akan mematuhi wasiatmu, demi cinta padamu, demi sayangku pada putra kita, Raja Sabi, dan demi keyakinanku meneruskan perjuangan melawan Belanda, sepeninggalmu kelak,” jawab Cut Meutia dengan tersedu.

Butuh keteguhan hati yang besar untuk berjuang di medan perang demi kebebasan negara, serta butuh kesabaran yang besar pula untuk mengikhlaskan sang istri agar menikah dengan orang lain.

Related

History 8662167759295646485

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item