Makan Cabai Ternyata Bisa Menghambat Penyebaran Kanker

Makan Cabai Ternyata Bisa Menghambat Penyebaran Kanker

Naviri Magazine - Kita sudah sering mendengar ungkapan bahwa “makanan adalah obat”. Dan dalam kasus ini, tampaknya benar.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada Experimental Biology, menyatakan bahwa kandungan capsaicin yang terdapat dalam cabai dapat menghambat penyebaran kanker paru. Ini merupakan kabar baik, karena kanker paru merupakan salah satu penyebab kematian pria dan wanita di seluruh dunia.

Untuk mendapatkan hasil ini, para ilmuwan meneliti kanker paru non sel kecil, dan menemukan fakta bahwa capsaicin menghentikan sel untuk bergerak ke jaringan lainnya.

Hal tersebut sangat penting, mengingat alasan utama kanker paru sulit untuk ditangani adalah karena mereka sulit diidentifikasi pada tahap awal.

Saat gejalanya muncul, seringkali kanker langsung menyebar ke bagian tubuh lainnya. Termasuk otak, tulang, dan kelenjar adrenal dalam proses yang disebut metastasis.

Penelitian ini juga menemukan bahwa capsaicin mengurangi jumlah sel kanker metastasis pada paru-paru tikus yang menjadi subjek penelitian. Sementara itu, hasilnya tidak ditemukan pada tikus tanpa capsaicin.

“Studi kami menunjukkan bahwa senyawa alami capsaicin cabai dapat mewakili terapi baru untuk memerangi metastasis pada pasien kanker paru-paru,” kata Jamie Friedman, kandidat doktor yang melakukan penelitian dari Marshall University Joan C. Edwards School of Medicine.

Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguji kelayakan penggunaan capsaicin dalam bidang klinis, tapi studi ini menunjukkan adanya kemungkinan penggunaan bersama dengan perawatan kanker lainnya seperti kemoterapi untuk mengobati kanker paru-paru.

Related

Health 3490041268103581384

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item