Menyambung Silaturahmi dan Berbagai Kemuliaan di Dalamnya

Menyambung Silaturahmi dan Berbagai Kemuliaan di Dalamnya

Naviri Magazine - Menyambung silaturahmi adalah salah satu amalan yang mulia, dan kewajiban dalam agama. Banyak ayat Al Qur’an dan hadits yang mengimbau kita untuk menyambung tali silaturahim, serta menjelaskan berbagai keutamaannya. Namun, sebagian orang salah paham dalam memaknai silaturahim, sehingga juga salah kaprah dalam menjalankannya.

Allah Ta’ala memerintahkan untuk menyambung tali silaturahim, dalam firman-Nya:

“Sembahlah Allah, dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.” (QS. An Nisa: 36).

Allah juga berfirman: “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat atas haknya, kepada orang miskin, dan orang yang dalam perjalanan, dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.” (QS. Al Isra: 26).

Dia juga berfirman: “Maka berikanlah kepada kerabat yang terdekat akan haknya, demikian (pula) kepada fakir miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan. Itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang mencari keridhaan Allah; dan mereka itulah orang-orang beruntung.” (QS. Ar Rum: 38).

Demikian juga Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, beliau memerintahkan umatnya untuk menyambung silaturahim, dalam sabda beliau:

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka muliakanlah tamu. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka sambunglah tali silaturahim. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka katakanlah yang baik atau diam.” (HR. Bukhari).

Bahkan terdapat ancaman serius bagi orang yang memutus silaturahim, beliau bersabda: “Tidak masuk surga orang yang memutus silaturahmi.” (HR. Bukhari – Muslim).

Dan di antara keutamaan menyambung silaturahim adalah diluaskan rezekinya, dan dipanjangkan umurnya. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi.” (HR. Bukhari – Muslim).

Dan ia juga merupakan salah satu sebab masuknya seseorang ke dalam surga. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Wahai manusia, tebarkanlah salam, berikanlah makan, sambunglah silaturahim, shalatlah pada malam hari ketika orang-orang sedang tidur, kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah, At Tirmidzi, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

Related

Moslem World 175430040748061764

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item