Hati-hati, Makan Durian Berlebihan Bisa Berbahaya

Hati-hati, Makan Durian Berlebihan Bisa Berbahaya

Naviri Magazine - Durian sudah terkenal sebagai buah yang sangat enak, khususnya bagi penggemarnya. Karenanya, sebagian orang pun kadang mengonsumsi durian tanpa ragu-ragu, alias makan sebanyak-banyaknya. Sebaiknya hati-hati, karena makan durian secara berlebihan bisa berbahaya.

Dokter spesialis gizi klinik, dr Dian Permatasari, Sp.GK., mengatakan bahwa durian bisa sangat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Ia menerangkan, meskipun durian terasa enak dan sarat nutrisi bermanfaat, di dalamnya terkandung kalori tinggi. Tergantung ukurannya, satu buah durian mengandung 800-1.500 kalori, Jika Anda mengonsumsi sekitar tiga sampai empat daging buah berukuran sedang, hitungannya bisa mencapai 150 kalori.

Kalori sebesar itu bisa mengakibatkan obesitas jika dikonsumsi terlalu banyak. "Dari obesitas itu bisa menjadi faktor risiko untuk penyakit-penyakit kronis, seperti jantung dan diabetes," papar Dian.

Apalagi, lanjut dia, durian sebetulnya juga kaya karbohidrat yang mengandung glukosa dan laktosa, sehingga bisa meningkatkan gula darah dengan cepat.

Maka dari itu, konsumsi durian bagi penderita diabetes perlu dibatasi. Ini juga berlaku bagi penderita hipertensi, obesitas, dan orang-orang yang pencernaannya sensitif macam penderita maag.

Selain itu, makan durian juga bisa berbahaya jika kondisi buah yang dipilih telah mengarak alias terlalu matang. Lebih-lebih jika dikonsumsi berlebihan. Kenapa?

"Durian yang terlalu matang mengalami fermentasi, wangi, dan kadang timbulkan rasa pahit," ujar dokter Spesialis Gizi, dr. Samuel Oetoro.

Ia menjelaskan, karbohidrat dalam durian kelewat matang akan terfermentasi menjadi alkohol, sehingga rasanya semu pahit. Baunya pun bertambah menyengat dan terasa manis, karena kandungan gula juga bertambah tinggi ketika durian semakin matang.

Padahal, papar Samuel, sekalipun rasanya lebih nikmat, kandungan gula tinggi dan alkohol itu bisa memicu thermogenesis atau proses meningkatnya suhu tubuh. Suhu tubuh meningkat menyebabkan metabolisme tubuh meningkat, membuat jantung bekerja lebih keras.

Akhirnya, pembuluh darah yang sudah tipis ditambah peningkatan kerja jantung dapat menyebabkan pembuluh darah pecah.

Kandungan gula yang terdapat pada durian terlalu matang juga akan membuat kerja pankreas semakin keras untuk menghasilkan insulin. Jika dibiarkan, hal ini dapat memicu kerusakan sel-sel pada pankreas.

Apalagi, durian telah teridentifikasi mengandung senyawa mirip sulfur, yang diduga bisa mencegah enzim tertentu memecah alkohol dalam durian, sehingga meningkatkan alkohol dalam darah.

Itulah sebabnya kita tidak dianjurkan makan durian terlalu matang bersamaan dengan minum alkohol, karena berpotensi menimbulkan gejala keracunan seperti mual, muntah, jantung berdebar hingga sesak napas.

Related

Health 8908512145583061343

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item