Tokopedia Buka Fitur Bayar Pajak, Perpanjang Paspor, Sampai SIM

Tokopedia Buka Fitur Bayar Pajak, Perpanjang Paspor, Sampai SIM

Naviri Magazine - Berbagai pembayaran kepada negara, seperti pajak, sepertinya akan lebih mudah dilakukan ke depannya. Perusahaan e-commerce Tokopedia baru saja mengumumkan kerja sama dengan Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Indonesia.

Hasil kerja sama ini adalah peluncuran fitur pembayaran untuk lebih dari 900 jenis penerimaan negara di Tokopedia. Fitur yang disebut 'Penerimaan Negara' ini membuat masyarakat bisa membayar Pajak Penghasilan (Pph), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), biaya KUA, perpanjang paspor atau SIM, bea cukai, dan ratusan jenis penerimaan negara lain di Tokopedia.

"Dengan adanya fitur pembayaran 'Penerimaan Negara' di Tokopedia, masyarakat bisa dengan lebih mudah membayar pajak dan bentuk penerimaan negara lainnya kapan pun dimana pun," ujar William Tanuwijaya, CEO dan Co-Founder Tokopedia, dalam siaran pers.

William mengatakan, peluncuran fitur ini sebagai upaya Tokopedia dalam membantu pemerintah mempermudah proses pembayaran pajak, demi meningkatkan penerimaan negara. Menurutnya, Tokopedia memiliki misi besar untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menyambut baik kerja sama antara kedua pihak ini. Ia mengatakan, dengan ini maka membayar pajak bisa semudah membeli pulsa.

"Kemudahan ini diharapkan bisa mendorong partisipasi Wajib Pajak dalam melakukan pembayaran pajak, sehingga berdampak pada peningkatan penerimaan negara," ujar Sri Mulyani.

900 jenis penerimaan negara yang bisa dibayarkan melalui Tokopedia dikategorikan menjadi tiga, yakni Pajak Online, Bea Cukai, dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Lalu, bagaimana caranya? Mulanya, masyarakat cukup mendapatkan kode bayar atau kode billing dari portal masing-masing institusi pengumpul pajak, seperti DJP Online untuk Dirjen Pajak, Simponi untuk Dirjen Anggaran, CEISE untuk Dirjen Bea Cukai.

Setelah mendapatkan kode billing, masyarakat bisa memasukkannya ke fitur 'Penerimaan Negara' di Tokopedia, untuk melakukan pembayaran.

Metode pembayaran yang bisa digunakan untuk fitur ini adalah Ovo Cash, Ovo Points, transfer antar bank, virtual account, direct debit, dan kartu kredit.

Setelah melakukan pembayaran, pengguna akan menerima struk yang memiliki Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dari Tokopedia. Struk ini bersifat resmi dan diakui sebagai bukti penerimaan negara.

Related

News 6248913911274759114

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item