Mengenal Kelebihan SIM Pintar, Kartu SIM Model Baru di Indonesia

Mengenal Kelebihan SIM Pintar, Kartu SIM Model Baru di Indonesia

Naviri Magazine - Korlantas Polri berencana meluncurkan Smart SIM pada 22 September 2019. Keunggulan Smart SIM bisa bayar tol, tilang, hingga belanja online dengan saldo maksimal Rp 2 juta.

Masyarakat yang ingin mendapatkan Smart SIM cukup dengan memperpanjang masa berlaku SIM yang lama. Masa berlaku Smart SIM sama dengan SIM yang lalu, yakni 5 tahun.

“Pemilik SIM lama dapat mengganti SIM baru ketika SIM-nya habis masa berlaku (perpanjang), jadi tidak juga masyarakat yang punya SIM sekarang dengan model lama buru-buru mengganti SIM,” kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Refdi Andri di Bidakara Hotel, Jakarta Selatan.

Refdi mengungkapkan, Smart SIM akan berbeda dengan SIM terdahulu. Smart SIM diharapkan bisa memperketat pengawasan pada pelanggaran lalu lintas.

“Apa pelanggaran ringan, sedang, berat, atau pernah mengalami kecelakaan lalu lintas, dan lain-lain, semua terdata. Juga pada sistem kita itu. Ini ada manfaat. Kita bisa melakukan evaluasi secara lebih baik tentang perilaku pengemudi,” ujar Refdi.

Refdi Andri mengatakan, Smart SIM akan memiliki saldo yang bisa digunakan tidak hanya izin mengemudi. Smart SIM dapat membayar tol hingga membeli barang di toko online.

“Smart SIM ini bisa digunakan sebagai pembayaran kartu elektronik, jadi uang kita ada dalam ini dengan saldo maksimal Rp 2 juta,” kata Refdi lewat keterangannya.

“Bisa melakukan pembayaran apa saja, mulai kita berbelanja, baik toko online bisa, tol bisa, juga kereta api, pokoknya semua yang bisa menggunakan kartu elektronik bisa di situ,” ujar Refdi.

Refdi mengungkapkan, Smart SIM memiliki chip yang menampung data pengendara. Diharapkan, pengendara lebih dipermudah dengan adanya Smart SIM.

“Smart SIM semua forensik kepolisian ada di sini, di dalam ada chip dengan kapasitas tertentu yang kita siapkan. Sehingga nama, alamat, pekerjaan, ada pada kartu itu,” ujar Refdi.

Related

News 3844262402411770334

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item