Mengenal Video ASMR yang Sedang Viral di Dunia Maya

Mengenal Video ASMR yang Sedang Viral di Dunia Maya

Naviri Magazine - Bagi Anda yang sering mampir ke YouTube untuk menonton video musik atau melihat unggahan vlogger kesayangan, mungkin pernah melihat video-video dengan ASMR pada judul yang muncul di kolom Up Next atau Recommended. Sebenarnya, apa video ASMR itu, dan apa hubungannya dengan kesehatan mental?

Menurut Urban Dictionary, ASMR adalah singkatan Autonomous Sensory Meridian Response, atau biasa disebut head tingles. Bila diartikan secara harfiah, bisa dibilang ASMR adalah sensasi tergelitik pada otak, dimulai dari puncak kepala, dan menjalar turun ke pundak dan tulang belakang manusia, sebagai reaksi yang timbul saat mendengar (dan melihat) sesuatu/rangsangan yang menyenangkan.

Meskipun tidak semua orang paham atau menyukai video-video semacam ini, uniknya ada lebih banyak warganet yang merespons baik dan cenderung ‘kecanduan’ akan sensasi yang ditimbulkan video ASMR.

Di YouTube, Anda bisa menemukan lebih dari 13 juta video berlabel ASMR. Mekipun populer di YouTube, video ASMR lebih condong pada indra pendengaran dibandingkan penglihatan.

Maka, untuk efek maksimal ASMR, Anda disarankan menggunakan earphone, dan tidak masalah bila Anda tidak mendengarkan sambil menonton, mengingat durasi video tipikal ASMR yang lebih panjang dan bisa mencapai lebih dari 3 jam per video.

Ada beberapa tipe rangsangan pada video ASMR, yaitu suara berbicara/bercerita dalam nada berbisik, gerakan-gerakan berulang yang direkam dengan baik agar suaranya terdengar jelas, seperti menyisir, menggunting, membuka buku/majalah, makan, memainkan slime, memasak, bahkan memotong-motong sabun batang tanpa musik latar.

Sebegitu populernya video ASMR, dilaporkan Business Insider, bahwa sebuah channel populer untuk video ASMR, GentleWhispering, memperoleh pendapatan hingga 130 ribu dolar Amerika per tahun dari YouTube.

W Magazine juga memiliki serial video ASMR bersama para selebriti dalam sebuah playlist, bernama Celebrity ASMR Experiments, yang dibintangi nama-nama tenar seperti Gal Gadot, Margot Robbie, hingga Jake Gyllenhaal, yang telah ditonton jutaan warganet.

Bahkan untuk Anda penyuka K-Pop, para selebriti dan idol tak ketinggalan mengunggah video-video ASMR-nya. Seperti video ASMR ala DoKyeom, Jeonghan, dan Vernon dari Seventeen.

Related

Lifestyle 1172028836044297519

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item