Teknologi Canggih Ini Mampu Mengubah Ucapan Langsung Jadi Tulisan

Teknologi Canggih Ini Mampu Mengubah Ucapan Langsung Jadi Tulisan

Naviri Magazine - Kini, sudah ada teknologi yang bisa mentranskrip ucapan langsung menjadi tulisan. Teknologi yang diberi nama Notula ini merupakan perangkat lunak yang dapat melakukan transkrip dari ucapan menjadi tulisan secara cepat atau real time.

Pembuat Notula, Oscar Riyadi, mengatakan teknologi ini digunakan untuk mempermudah notulen dalam sebuah rapat. "Prosesnya, suara yang dihasilkan dari pembicara dalam rapat bisa langsung ditranskrip menjadi tulisan,"

Oscar menuturkan, suara yang masuk melalui mikrofon direkam di dalam laptop atau komputer, kemudian suara tersebut diproses oleh server notula transkriptor menjadi tulisan.

"Bentuk tulisannya disusun baris per baris," kata Oscar Riyadi.

Tulisan yang dihasilkan oleh Notula ini sama persis dengan yang dibicarakan oleh narasumber. "Selain itu, siapa yang berbicara juga bisa dikenali. Jadi, saat ada suara orang yang masuk, akan muncul notifikasi registrasi siapa saja yang berbicara," tuturnya.

Ia mengatakan, akurasi dari transkripsi suara menjadi tulisan ini hingga 80 persen. Ada 330 ribu kosakata yang sudah dimasukkan dalam teknologi ini. Bahkan, teknologi ini juga bisa mentranskrip kata-kata nonformal.

Teknologi ini belum bisa digunakan secara massal oleh masyarakat banyak, baru sebatas perusahaan besar atau hotel. "Nantinya akan dibuatkan aplikasinya, dan bisa digunakan oleh orang banyak," kata Oscar.

Related

Technology 4523373027076550849

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item