Perahu Lancang Kuning, Legenda Tentang Seorang Putri di Riau

Perahu Lancang Kuning, Legenda Tentang Seorang Putri di Riau

Naviri Magazine - Lagu lancang kuning adalah lagu rakyat yang sangat populer di Riau, negeri yang dijuluki Bumi Lancang Kuning. Dalam sebuah versi sejarah Melayu, kapal Lancang Kuning yang legendaris itu tenggelam di Tanjung Jati, perairan Bengkalis. Tak terurai dengan jelas apakah musibah itu akibat human error ataukah karena keganasan alam yang tak teratasi oleh kemampuan manusia.

Perahu Lancang Kuning berasal dari rumpun dan daerah Melayu. Pada zaman dahulu, perahu Lancang Kuning merupakan lambang kekuasaan kerajaan, dan digunakan sebagai perahu resmi kerajaan Siak Sri Indra Pura.

Menurut legenda, pemilik perahu Lancang Kuning adalah seorang putri dari kerajaan Melayu. Setiap perahu Lancang Kuning berlayar, akan selalu didampingi oleh pengawal dan pengayuh dengan pakaian berwarna kuning. Saat ini, perahu Lancang Kuning tinggal legenda, dan diabadikan menjadi maskot pemerintah daerah provinsi Riau.

Related

History 1968606657291362334

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item