Punya Masalah Gangguan Mental Itu Bukan untuk Keren-kerenan!

Punya Masalah Gangguan Mental Itu Bukan untuk Keren-kerenan!

Naviri Magazine - Belakangan ini banyak orang mulai peduli dan menyoroti masalah kesehatan mental. Hal ini tak lepas dari munculnya film yang mengangkat tema mengenai kesehatan mental, Joker misalnya.

Mulai sadarnya orang mengenai pentingnya memperhatikan masalah mental merupakan hal baik, sayangnya ada satu reaksi 'mengkhawatirkan' yang muncul.

Reaksi tersebut adalah banyak anak muda menganggap gangguan mental sebagai hal keren alias mengglorifikasi gangguan mental.

Banyak anak muda tanpa bantuan profesional kesehatan mental tak ragu menyatakan di media sosial bahwa mereka mengalami gangguan mental (self diagnosis). Padahal self diagnosis ini berbahaya, baik secara fisik maupun psikis.

Bahaya self-diagnosis gangguan mental

Sekarang hampir semua orang Indonesia, baik muda maupun lanjut usia, memiliki internet di genggamannya hampir 24 jam sehari.

Kini, ketika seseorang merasakan perasaan tidak nyaman dan kebingungan mengenai kondisi mental mereka, ia mungkin mencoba mencari penjelasan mengenai kesehatan mental di internet, dan kemudian melakukan self-diagnosis gangguan mental.

Self-diagnosis berbahaya, karena orang mungkin sampai pada kesimpulan yang salah terkait kondisi kesehatannya, dan mengambil keputusan yang salah juga.

Mendiagnosa masalah gangguan mental tidak mudah, karena diperlukan keahlian khusus dan pengetahuan mengenai diagnosis masalah, gangguan, atau sindrom mental.

Terbatasnya biaya, waktu, kendala akses terhadap pelayanan kesehatan, kondisi mental dari pasien yang belum siap untuk berobat, dan juga ketidaktahuan pasien tentang adanya tenaga kesehatan profesional yang bisa mengobati, bisa mendorong orang untuk melakukan self-diagnosis.

Selain itu, munculnya persepsi bahwa gangguan mental itu “keren” dan adanya informasi di internet, memperparah tren self-diagnosis ini.

Related

Psychology 7106187061135679682

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item