Penjelasan Ilmiah Seputar Hantu, Penampakan, dan Roh Jahat (Bagian 1)

Penjelasan Ilmiah Seputar Hantu, Penampakan, dan Roh Jahat

Naviri Magazine - Banyak orang yang masih bingung dengan keberadaan sosok gaib yang disebut hantu. Berikut ini adalah uraian ilmiah tentang hantu, yang dirangkum dari buku The Unexplained Series: Ghosts, karya John Guy.

Berbeda dengan kajian metafisika, buku tersebut lebih banyak membahas fenomena hantu dari sudut ilmiah. Berikut beberapa kutipan yang sangat menarik untuk kita ketahui dari buku tersebut:

Banyak foto tentang hantu, terbukti hanya tipuan. Foto-foto itu populer pada akhir abad ke-19, ketika fotografi masih merupakan teknologi baru. Teknik yang paling mudah adalah dengan mengabadikan dua obyek di satu film.

Obat-obatan seperti alkohol, mariyuana, LSD, dan kokain, mempunyai efek yang sangat besar terhadap otak, dan kadang menyebabkan halusinasi. Akan tetapi, obat-obatan dapat mengubah kesadaran pemakainya, sehingga seolah-olah otak melihat sesuatu yang tak kasatmata. Proses kita melihat hantu mungkin dapat dijelaskan seperti itu.

Pada malam hari, cahaya yang terlihat melintasi rawa sering dianggap sebagai hantu. Padahal, sebenarnya cahaya itu adalah pembakaran spontan gas rawa.

Terowongan cahaya putih yang dilihat selama beberapa saat menjelang ajal, dianggap mengisyaratkan perjalanan panjang menuju akhirat. Penelitian ilmiah baru-baru ini menghasilkan penjelasan bahwa menjelang ajal, orang akan kehilangan indranya, dan menimbulkan halusinasi di otak. Kekurangan oksigen di otak juga dapat mempengaruhi sel dalam otak, dan akan menimbulkan munculnya terowongan serta efek cahaya putih.

Kemungkinan, korban tindak kekerasan seperti pembunuhan menghasilkan zat kimia seperti adrenalin, atau muatan listrik tegangan tinggi, secara berlebihan dalam tubuhnya.

Kelebihan itu dapat memicu munculnya bayangan atau medan energi ke udara sekelilingnya. Dalam kondisi yang tepat, bentuk tersebut mungkin akan tampak seperti hologram, suatu bayangan yang tidak jelas wujud fisiknya. Hantu kadang dianggap sebagai jiwa/roh yang terjebak di bumi, dan tidak mampu melampui sarana spiritual.

Suku Aborigin di Australia memperlakukan kerabat yang mati dengan penuh hormat. Mereka tidak takut dengan kematian. Mereka menyambut roh orang mati untuk bergabung dalam upacara-upacara mereka.

Aktivitas poltergeist (roh jahat) meliputi pelemparan benda-benda ke udara, tetapi kadang-kadang mereka tiba-tiba muncul. Pada tahun 1998, sebuah pisau tiba-tiba melayang, nyaris mengenai telinga penyelidik yang berada di sebuah rumah di Nothern Territory of Australia.

Sudah banyak bukti mengenai aktivitas poltergeist. Tetapi sumber kekuatannya masih menjadi misteri. Kebanyakan aktivitas poltergeist tertuju kepada remaja putri yang sedang mengalami perubahan fisik saat masa puber. Remaja putri ini menjadi sasaran aktivitas poltergeist, karena mungkin aktivitas mental dan kimiawi tubuh yang sedang memuncak itu mempengaruhi lingkungan.

Pada Perang Dunia I, pasukan Inggris dikalahkan tentara Jerman di Mons, Belgia, karena muncul bayangan St. George dan pasukan pemanahnya di langit yang menyerang pasukan Inggris.

Pertempuran hidup atau mati sudah pasti menyebabkan pelepasan adrenalin dalam jumlah besar. Cerita Pemanah dari Mons mungkin merupakan akibat histeria massa atau pembuktian memori kolektif dari kejadian yang telah lama berlalu.

Orang sering melihat apa yang ingin mereka lihat. Tiga pengamat yang berbeda tentang kejadian yang sama, misalnya tentara, pastor, dan ilmuwan, akan menjelaskan menurut pemahaman masing-masing.

Tentara mungkin melihat bala tentara hantu di langit, pastor melihat cahaya, sementara ilmuwan melihat bola bersinar atau menafsirkan penampakan lain sebagai akibat dari pikiran yang terlalu lelah.
   
Penjelasan mengenai kapal hantu, yang sering dilihat pada abad 16–18, adalah pelaut sering melakukan perjalanan panjang di laut yang berombak. Mereka bisa kehilangan arah, kelaparan, atau terganggu jiwanya. Hal ini dapat mengubah kepekaan panca indra mereka, sehingga mereka mempercayai hal-hal yang sebenarnya tidak mereka lihat, seperti halnya mengalami halusinasi.

Baca lanjutannya: Penjelasan Ilmiah Seputar Hantu, Penampakan, dan Roh Jahat (Bagian 2)

Related

Science 6803363432460636144

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item