Penjelasan Ilmiah Seputar Hantu, Penampakan, dan Roh Jahat (Bagian 2)

Penjelasan Ilmiah Seputar Hantu, Penampakan, dan Roh Jahat

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Penjelasan Ilmiah Seputar Hantu, Penampakan, dan Roh Jahat - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Manusia hidup dalam misteri, ilmu pengetahuan menjelaskan banyak hal tentang misteri kehidupan dan kematian, sehingga sebagian orang merasa kurang pengetahuan rohaniah, sesuatu di luar dirinya yang dapat dipercayai.

Mungkin, mempercayai dunia supranatural merupakan usaha untuk mengisi kekurangan ini. Selain itu, kepercayaan adanya hidup sesudah mati membuat pikiran menjadi tenang. Karya sastra dan film tentang hantu dapat menghibur kita dan memenuhi kebutuhan spiritual, meskipun tidak didukung oleh fakta yang nyata.

Tahun 1939, Semyon Kirlian, seorang insinyur Rusia, menemukan perangkat medis untuk mengabadikan energi listrik dan biogenetik yang dikirim oleh tubuh manusia. Meskipun penggunaannya tetap kontroversial, beberapa dokter menggunakan teknik tersebut untuk mendiagnosa kanker dan gangguan jiwa. Setelah meninggal, energi seseorang meninggalkan bayangan seperti hantu.

Untuk beberapa alasan, kepulauan Inggris menjadi fokus kegiatan supranatural. Penduduk di sana lebih sering melihat UFO, hantu, dan fenomena aneh lainnya, dibadingkan penduduk daerah lain di dunia. Setiap tahun, banyak dilaporkan mengenai penampakan hantu. Inggris pun dijuluki sebagai ibu kota hantu dunia.

Penjelasannya, orang Inggris terkenal karena imajinasinya yang subur. Banyak karya sastra dan penemuan ilmiah dihasilkan orang Inggris. Mungkin karena pikiran mereka kreatif, mendorong mereka untuk mengetahui misteri yang tak pernah ada, lalu membumbuinya, dan menceritakannya sebagai mitos.

Selain itu, keadaan cuaca kepulauan Inggris yang suram (sering berkabut) dapat menyebabakan terbentuknya banyangan aneh yang kadang-kadang dianggap sebagai hantu.

Pada umumnya, pembebasan orang yang kerasukan roh jahat (exorcist) dilakukan oleh pemimpin agama. Hal tersebut adalah masalah sugesti (pikiran yang menguasai tubuh). Seseorang dapat dikuasai roh karena mereka percaya bahwa hal itu memang dapat terjadi.

Orang-orang yang yakin bahwa mereka dikuasai roh jahat akan pergi ke pemimpin agama yang dapat dipercaya, dan mampu membebaskannya dari roh jahat. Kenyataannya, mereka mungkin sebenarnya tidak pernah dikuasai roh jahat; semua hanyalah pikiran mereka belaka.

Pemunculan hantu sering terjadi bersamaan dengan fluktuasi yang dapat dicatat dalam medan elektromagnetik, yang diukur dengan alat khusus. Sebagian orang yang tidak percaya, misalnya ilmuwan dari Laurentian University of Sudbury di Ontario, Kanada, menyatakan bahwa fluktuasi alami di medan elektromagnetik bumi dapat menyebabkan otak manusia berhalusinasi dan “menciptakan” gambaran hantu.

Salah satu fenomena umum selama ada aktivitas poltergeist, adalah perubahan suhu secara dramatis, seperti yang tercatat melalui termometer inframerah dalam penyelidikan di Mulhouse, Prancis. Ketika hantu muncul, suhu sekitarnya turun sebesar 35 derajat Celcius. Tidak mengherankan, kalau orang yang melihat hantu sering menggigil kedinginan.

Di banyak tempat, pemburu hantu yang antusias hanya bisa memburu “ekornya” sendiri. Ketika penyelidik paranormal diminta menyelidiki bangunan yang angker, apakah mereka sepenuhnya yakin bahwa fenomena yang mereka temui bukan hasil dari pengalaman bawah sadar mereka?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Brooke’s Smith, Hunt, dan Batchelor, diperoleh hasil kemungkinan bahwa terjadinya sebuah peristiwa paranormal karena sungguh-sungguh yakin, dan sangat diharapkan untuk terjadi.

Sesungguhnya, kita perlu waspada dengan situasi ketika paranormal yang sangat antusias telah menemukan roh-roh halus di tempat yang sebelumnya tidak ada peristiwa paranormal. Mungkin, penggunaan perlengkapan canggih yang telah ditemukan menjadi tidak realistis lagi kalau dugaan bahwa pikiran manusia dapat mempengaruhi dunia fisik telah terbukti.

Related

Science 6404033937411476708

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item