Apa yang Disebut Hewan Vertebrata? Ini Penjelasannya

Apa yang Disebut Hewan Vertebrata? Ini Penjelasannya

Naviri Magazine - Hewan vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki tulang belakang, yang menjadi penopang untuk otot dan perlindungan untuk sumsum tulang belakang. Vertebrata mencakup ikan, reptil, amfibi, burung, dan mamalia.

Tulang belakang sebenarnya adalah sederetan tulang kecil yang disebut vertebra. Semua tulang itu disatukan dan diikat oleh ligamen yang serupa dengan tali untuk memberikan pegangan yang fleksibel namun sangat kuat untuk otot punggung.

Sumsum tulang belakang memanjang di dalam saluran yang ada dalam vertebra, yang melindunginya dari kerusakan. Beberapa ikan primitif, misalnya ikan hiu dan ikan pari, memiliki tulang belakang yang terbuat dari materi serupa karet yang kuat, yang disebut tulang rawan.

Diperkirakan, ada sekitar 45.000 spesies hidup yang termasuk golongan vertebrata. Ukuran hewan yang masuk golongan ini beraneka ragam, dari ikan yang sangat kecil sampai gajah dan paus yang beratnya mencapai 100 ton. Ada yang hidup di dalam tanah, di permukaan tanah, di dalam air, juga di udara.

Related

Science 9194322244178431254

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item