Ini 10 Organisasi Rahasia yang Sampai Kini Masih Ada di Dunia

Ini 10 Organisasi Rahasia yang Sampai Kini Masih Ada di Dunia

Naviri Magazine - Seiring perkembangan zaman dan pergerakan sejarah, berbagai organisasi rahasia muncul, dari yang terkenal sampai yang misterius. Beberapa organisasi itu kemudian ikut mewarnai dunia, bahkan memiliki pengaruh tersendiri.

Dari banyak organisasi yang ada, sebagian tenggelam untuk kemudian bubar, namun sebagian lain tetap eksis meski tersembunyi. Di antara organisasi-organisasi rahasia di dunia, berikut ini 10 yang diperkirakan masih ada sampai saat ini.

Cicada 3301

Cicada 3301 adalah organisasi misterius atau sebuah komunitas yang memasang teka-teki kompleks dan permainan realitas alternatif ke publik, untuk merekrut orang-orang tertentu. Teka-teki pertama diumumkan organisasi tersebut pada 4 Januari 2012. Mereka telah mengunggah teka-teki setiap tahun, kecuali 2015, pada tanggal yang sama, seperti 4 Januari 2013, 4 Januari 2014, dan 4 Januari 2016.

Mereka menggunakan Twitter untuk mengirim teka-teki, yang terutama berfokus pada keamanan data, kriptografi, dan steganografi. The Washington Post mencantumkan teka-teki tersebut sebagai salah satu dari '5 misteri internet yang belum terpecahkan' dan sebagai 'teka-teki paling rumit dan misterius dari era internet'.

Skull and Bones

Skull and Bones (Tengkorak dan Tulang) adalah komunitas rahasia di Yale University, New Haven, Connecticut. Masyarakatnya secara informal dikenal sebagai 'Bones' dan anggotanya sebagai 'Bonesmen'.

Ada banyak teori konspirasi tentang keberadaannya. Salah satu teori konspirasi menunjukkan bahwa mereka memainkan peran dalam konspirasi global untuk mengontrol dunia. Skull and Bones dibentuk pada tahun 1932, setelah terjadi perselisihan antara Linonia, Brothers in Unity, dan Calliopean Society, atas penghargaan Phi Beta Kappa di musim itu.

Die Spinne

Die Spinne adalah organisasi rahasia yang didirikan seorang tokoh bernama Skorzeny, untuk membantu penjahat Nazi melarikan diri dari Jerman. Saat ini, keberadaannya masih diperdebatkan.

Beberapa sejarawan percaya bahwa Die Spinne, yang tersohor sejak 1944, adalah bagian dari organisasi ODESSA Jerman Nazi, yang juga membantu Nazi untuk melarikan diri dari Jerman. Ada banyak tuduhan bahwa Die Spinne membantu 600 orang melarikan diri dari Jerman ke Spanyol, Argentina, Cile, dan negara lainnya.

Menurut beberapa sumber, organisasi ini didanai oleh Austrian Intelligence sekaligus Nazi.

Rosicrucians

Rosicrucians adalah organisasi rahasia Jerman yang dibangun oleh Christian Rosenkreuz. Komunitas rahasia ini dipercaya sudah ada sejak abad pertengahan selama abad ke-14, dan disebut salah satu komunitas rahasia tertua di dunia.

Rosicrucians adalah gerakan budaya misterius yang berkaitan dengan keyakinan agama dan spiritualisme. Manifesto-manifesto tersebut menyebabkan kegembiraan pada sebagian besar masyarakat Eropa, terkait sesusatu yang disebut Pencerahan Rosikrusian.

Illuminati

Illuminati Bavaria adalah organisasi misterius yang di dalamnya diyakini terdapat masyarakat era Pencerahan. Dibentuk pada 1 Mei 1776, Iluminati sampai kini dikaitkan dengan banyak teori konspirasi, salah satu yang populer adalah New World Order.

Banyak kritikus religius dan konservatif mengklaim bahwa Iluminati bertanggung jawab atas Revolusi Prancis. Jika melihat uang satu dolar, kita bisa langsung menemukan simbol Iluminati di atasnya, yang dipercaya berhubungan dengan teori konspirasi New World Order. Ini menjadi misteri yang telah mempengaruhi budaya Barat dan dunia, bahkan sampai sekarang.

The Strikers

The Strikers, atau dikenal sebagai Striker's Independent Society, adalah sebuah masyarakat mistik yang didirikan pada tahun 1842 di Mobile, Alabama, Amerika Serikat. Organisasi penuh misteri ini adalah masyarakat mistik tertua yang tersisa di Amerika Serikat.

Sampai kini pun tak ada yang mengetahui seluk beluk ajaran organisasi yang sering melakukan pawai tahunan ini. Pawai terakhir yang mereka lakukan tercatat terjadi pada tahun 1880.

Hamatsa

Hamatsa adalah organisasi rahasia dari masyarakat pesisir Pacific Northwest Coast, yang dikenal sebagai Kwakwaka'wakw. Sebagian besar masyarakat ini tinggal di British Colombia.

Orang-orang dari masyarakat rahasia di kawasan ini mempraktikkan banyak ritual dan upacara, selama bulan-bulan musim dingin. Nama lain komunitas kesukuan rahasia ini adalah 'masyarakat kanibal'.

Tiga komunitas rahasia lain di kawasan ini adalah masyarakat perang (Winalagalis), masyarakat magis (Matem), dan masyarakat akhirat (Bakwas). Hamatsa adalah masyarakat yang paling bergengsi dari semua masyarakat yang ada di sana.

Odessa

Odessa adalah organisasi mantan anggota organisasi bawah tanah Nazi. Organisasi tersebut serupa dengan Die Spinne, yang didirikan pada akhir Perang Dunia II, untuk membantu Nazi melarikan diri dari Jerman.

Dalam sebuah memo tertanggal 3 Juli 1946 oleh American Counterintelligence Corps (CIC), kata ODESSA pertama kali digunakan. Misteri terbesar tentang organisasi ini adalah keberadaannya.

Guy Walters, dalam buku Hunting Evil, tidak dapat menemukan bukti apapun mengenai keberadaan jaringan ODESSA. Saat ini, ODESSA terkenal karena tampil dalam budaya populer seperti film dan novel fiksi.

Priory of Sion 

Priory of Sion adalah organisasi persaudaraan rahasia misterius, yang dibentuk dan dibubarkan di Prancis pada tahun 1956, oleh Pierre Plantard.

Plantard dengan cerdik menciptakan sejarah organisasi fiktif pada tahun 1960-an, dan menggambarkannya sebagai masyarakat rahasia yang didirikan oleh Godfrey of Bouillon di Gunung Sion, Kerajaan Yerusalem, pada tahun 1099.

Seiring perkembangan zaman kala itu, organisasi Priory of Sion telah dianggap melanggar secara mendalam oleh para jurnalis dan ilmuwan, karena sudah menciptakan kebohongan terbesar abad ke-20.

Brethren of Purity

Brethren of Purity adalah masyarakat rahasia paling misterius di dunia. Organisasi ini adalah kumpulan masyarakat rahasia para filsuf muslim di Basra, Irak, pada abad ke-8 atau ke-10 Masehi. Namun struktur dan identitas para anggotanya tidak pernah diidentifikasi.

Ajaran dan filosofi mereka dijelaskan secara terperinci dalam Ensiklopedia Ikhwan As-Shafa (Bahasa Arab: Rasa'il Ikhwan al-safa'), sebuah ikhtisar 52 epistel, yang memengaruhi ensiklopedia-ensiklopedia lain yang sekarang tersebar di dunia.

Related

Mistery 573176630718133102

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item