Ini Keutamaan Kota Mekkah Dibanding Kota-kota Lain di Dunia

Ini Keutamaan Kota Mekkah Dibanding Kota-kota Lain di Dunia

Naviri Magazine - Mekkah adalah kota suci bagi umat Islam sedunia, karena di kota inilah mereka menjalankan salah satu ibadah penting, yaitu haji, yang merupakan salah satu rukun Islam. Selain ibadah haji, Mekkah juga menjadi tempat untuk beribadah umrah.

Sebagai kota suci sekaligus kota penting bagi umat Islam, Mekkah pun memiliki tempat tersendiri di hati umat muslim sedunia. Berikut ini adalah keutamaan kota Mekkah dibanding kota-kota lain di dunia.

1. Kota ini menjanjikan ketenteraman bagi siapa pun penghuninya. Tanah haram memang dijanjikan Allah sebagai tempat di muka bumi yang penuh dengan rasa aman. Tidak hanya untuk manusia, bahkan hewan dan tumbuhan juga merasakan kententraman tersebut.

Seperti dalam qalam Allah berikut ini, “Barang siapa memasukinya (Baitullah), menjadi amanlah dia” (QS. Ali Imran: 97).

2. Allah juga menjanjikan rezeki yang berlipat ganda ketika tinggal di tanah haram. Ini adalah salah satu doa Nabi Ibrahim AS yang dikabulkan oleh Allah SWT. Inilah doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim:

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah-Mu (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami, (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka, dan berilah mereka rezeki dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS. Ibrahim: 37).

3. Kota ini juga dijaga malaikat, sehingga terhindar dari fitnah Dajjal yang akan keluar di akhir zaman. Dalam hadits Fathimah bin Qois radhiyallahu ‘anha, disebutkan bahwa Dajjal mengatakan:

“Aku akan keluar dan menelusuri muka bumi. Tidak aku biarkan suatu daerah kecuali pasti aku singgahi dalam masa empat puluh malam, selain Mekkah dan Thoybah (Madinah Nabawiyyah). Kedua kota tersebut diharamkan bagiku. Tatkala aku ingin memasuki salah satu dari dua kota tersebut, malaikat menemuiku dan menghadangku dengan pedangnya yang mengkilap. Dan di setiap jalan bukit ada malaikat yang menjaganya.” (HR. Muslim no. 2942)

Kota Suci Makkah memang selalu dekat di hati orang-orang yang beriman, sehingga selalu hati mereka cenderung kepadanya. Walaupun telah berulang-ulang berkunjung, hati selalu lekat dan merasa terpanggil untuk kembali ke sana.

Related

Moslem World 4685706282750667587

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item