Louis de Broglie, Ilmuwan Penerima Hadiah Nobel Fisika

Louis de Broglie, Ilmuwan Penerima Hadiah Nobel Fisika

Naviri Magazine - Louis-Victor-Pierre-Raymond, duc de Broglie (dikenal sebagai Louis de Broglie) lahir di Dieppe, Seine-Maritime, Perancis, 15 Agustus 1892. Ia ialah fisikawan Perancis dan pemenang Hadiah Nobel.

Louis berasal dari keluarga Perancis yang dikenal memiliki diplomasi dan kemiliteran yang baik. Pada mulanya ia siswa sejarah, namun akhirnya mengikuti jejak kakaknya, Maurice de Broglie, untuk membina karier dalam fisika.

Pada 1924, tesis doktoralnya mengemukakan usulan bahwa benda yang bergerak memiliki sifat gelombang yang melengkapi sifat partikelnya. Dua tahun kemudian, Erwin Schrodinger menggunakan konsep gelombang de Broglie untuk mengembangkan teori umum yang dipakai olehnya bersama ilmuwan lain, untuk menjelaskan berbagai gejala atomik.

Keberadaan gelombang de Broglie dibuktikan dalam eksperimen difraksi berkas elektron pada 1927, dan pada 1929 ia menerima Hadiah Nobel Fisika.

Related

Science 4350052916581925840

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item