Misteri Blue Hole, Gua dari Zaman Es yang Tersimpan di Laut

Misteri Blue Hole, Gua dari Zaman Es yang Tersimpan di Laut

Naviri Magazine - Blue hole atau lubang biru adalah suatu tempat di lautan yang—berdasarkan penelitian para ahli—berasal dari gua yang berbentuk vertikal pada zaman es dulu.

Disebut blue hole, karena jika dilihat bentuknya seperti lingkaran yang berwarna biru gelap. Blue hole biasanya dikelilingi permukaan laut yang berwarna lebih muda, yang menjadi tanda bahwa keberadaan blue hole jauh lebih dalam dibanding laut di sekitarnya.

Seperti yang disebutkan di atas, blue hole diperkirakan berasal dari gua di zaman es. Pada waktu zaman es, permukaan laut lebih rendah dibanding sekarang. Kemudian, ketika zaman es berakhir, es yang ada mulai mencair.

Diperkirakan, pada waktu itulah permukaan laut naik, dan gua tertutup air laut hingga terbentuklah blue hole.

Ada cukup banyak blue hole di Bumi, misalnya di Long Island, Kepulauan Bahama, yang merupakan blue hole terdalam. Lalu ada The Great Blue Hole yang ada di Belize, Amerika Tengah, juga di tepi laut merah, tepatnya beberapa kilometer dari kota Dahab, Yunani.

Related

Science 5112569093139255628

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item