Misteri Relief Kapal dan Monster Laut di Candi Borobudur

Misteri Relief Kapal dan Monster Laut di Candi Borobudur

Naviri Magazine - Di dunia ini banyak hal yang masih misteri. Terkadang misteri ini bisa terungkap, tapi terkadang juga tidak. Candi Borobudur merupakan salah satu candi dengan setumpuk misteri di dalamnya. Relief-relief yang aneh dijumpai di candi tersebut.

Di relief itu, kita bisa melihat sosok ikan di depan kapal yang berusaha menyerang kapal. Ukuran ikan ini bisa dibilang cukup besar, jika dilihat dari gambarn relief tersebut. Jika melihat secara detail, bagian tubuh dari sejenis ikan ini sangat mirip naga laut atau sea serpent dari kawasan Skandinavia, yang digambarkan oleh Olaus Magnus pada tahun 1555 di History of the Nordic Peoples.

Dari mata sampai urutan gigi, bisa dibilang sama persis. Dan sepertinya makhluk tersebut sama-sama suka memangsa manusia. Jika hal ini memang benar, maka bisa jadi nenek moyang kita telah berlayar jauh sampai ke kawasan Eropa, dan bertemu sosok makhluk tersebut.

Sekarang, kita coba beralih menganalisis kapal di candi Borobudur, yang mirip gambaran Olaus Magnus. Dilihat dari jenis kapalnya, mungkin agak berbeda dengan yang digambarkan. Tapi setidaknya ada 2 hal yang mirip dari gambar tersebut.

Yang pertama adalah sebuah kotak yang diinjak oleh pengendali kapal. Benda ini ada pada kapal di relief Borobudur dan ada juga di versi Olaus Magnus. Kemiripan keduanya sangat aneh, karena jarak yang jauh sekali.

Hal yang mirip kedua adalah dayung yang dikendalikan, sama-sama berada pada bagian belakang kapal. Pengendalinya agak sedikit berbeda. Pada relief di candi hanya dikendalikan satu orang, sementara di karya Olaus Magnus ada dua orang yang mengendalikan.

Related

Mistery 5581571869674159881

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item