Panduan agar Sehat dan Bugar di Usia 40-an, untuk Pria dan Wanita

Panduan agar Sehat dan Bugar di Usia 40-an, untuk Pria dan Wanita

Naviri Magazine - Apakah Anda mendekati 40 atau sudah 40 tahun? Jika iya, ada hal-hal tertentu yang Anda butuhkan agar tetap fit dan bugar di usia kepala 4 ini.

Menjadi tua adalah fakta tak terhindarkan dari kehidupan. Cara Anda menjadi tua tergantung pada keputusan yang Anda buat. Anda biasanya kurang memikirkan hal tersebut, dan tidak mengubah pola hidup Anda seperti pada saat sebelum berusia 40 tahun.

Namun, seharusnya, ketika usia Anda menginjak 40 tahun, saatnya untuk memberikan rutinitas harian Anda yang berbeda dari ketika masih usia 20 atau 30 tahun.

40 tahun adalah tonggak di mana banyak masalah kondisi kesehatan meningkat. Hal ini membuat waktu yang tepat bagi Anda untuk mengevaluasi kondisi kesehatan Anda.

Jadi, jika Anda bertanya-tanya bagaimana tetap sehat setelah usia 40 tahun, berikut tips untuk Anda.

Mengurangi intensitas olahraga berat

Ketika Anda berada di usia 40 tahun, kurangi aktivitas yang terlalu berat, termasuk aktivitas angkat berat yang biasanya Anda lakukan di gym.

Menyadari perubahan hormon

Anda mungkin mengalami perubahan hormonal saat usia bertambah, dan bisa ada juga perubahan dalam metabolisme. Anda juga dapat menemukan lebih banyak lagi lemak di daerah perut Anda.

Seimbangkan gula darah

Perubahan suasana hati, energi, atau tidur, mungkin berarti bahwa gula darah Anda di luar batas. Anda harus memastikan bahwa Anda makan makanan yang akan membantu mengontrol kadar gula darah. Ini adalah salah satu tips terbaik untuk tetap sehat setelah usia 40 tahun.

Kurangi kafein

Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan masalah seperti insomnia dan lekas marah. Ini akan menguras energi dan membuat Anda cepat lelah.

Konsumsi makanan kaya protein dan sehat

Konsumsi makanan kaya protein atau lemak sehat seperti ayam, ikan, atau kacang-kacangan, yang dapat membantu Anda merasa berenergi ketika sangat lelah, akan membantu bahan bakar tubuh Anda, dan membantu Anda mempertahankan energi.

Katakan tidak untuk suplemen

Sudah waktunya untuk menghentikan konsumsi suplemen, termasuk vitamin D atau jenis lain dari tablet yang Anda konsumsi tanpa resep. Lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum meminumnya.

Jangan kurang tidur

Di usia 20-an, Anda mungkin tidur dengan hanya 4-5 jam tidur. Tetapi karena Anda lebih tua, Anda tidak boleh berkompromi dengan tidur Anda, dan coba untuk mendapatkan 8 jam jadwal tidur penuh.

Kurangi kalori tidak berguna

Cara tubuh Anda memproses kalori akan berubah selama masa transisi Anda dari 30-an ke 40-an. Karenanya, kurangi konsumsi makanan lemak berlebih yang membuat tubuh Anda sulit memprosesnya

Jangan tinggalkan sarapan

Jika Anda tidak terbiasa sarapan, lebih baik memulainya sekarang. Anda harus mengisi bahan bakar tubuh Anda setiap hari, dan sangat penting untuk makan sarapan setiap pagi.

Makan 20-30 gram protein

Protein sangat penting untuk mempertahankan dan membangun massa otot di usia Anda. Makanlah sekitar 20-30 gram protein per hari, untuk mempertahankan massa otot yang kuat.

Related

Health 8586021970803108294

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item