Pria Ini Membangun Replika Taj Mahal Senilai Rp1,7 Miliar

Pria Ini Membangun Replika Taj Mahal Senilai Rp1,7 Miliar

Naviri Magazine - Seorang pria berusia 80 tahun membangun replika raksasa bangunan bersejarah, Taj Mahal, di kebunnya di India. Ia ingin orang-orang mengingat replika itu sebagai tanda penghargaan untuk mendiang istrinya.

Replika yang dibuat dengan marmer putih itu menelan biaya cukup tinggi, yakni sekitar Rp1,7 miliar untuk membuatnya. Faizul Hasan Quadri menggunakan tabungan yang dikumpulkan semasa hidupnya, untuk membangun replika Taj Mahal di desa kecil di Kaser Kalan, negara bagian Uttar Pradesh, India.

Seperti dikutip Mirror.co.uk, Faizul memutuskan membuat mini Taj Mahal setelah istri tercintanya, Tajamulli, yang ia nikahi selama 53 tahun, meninggal karena kanker tenggorokan.

Karena tidak memiliki anak, Faizul memutuskan mengikuti jejak Kaisar Mughal Shah Jahan, yang menciptakan Taj Mahal sebagai monumen cinta untuk istrinya di tahun 1632.

Tapi setelah tiga tahun pembangunan, Faizul menghadapi tantangan keuangan dalam menyelesaikan hadiah yang paling berharga untuk istri terakhirnya.

Jasad istri Faizul dikuburkan di tamannya, di lokasi yang kemudian berdiri replika Taj Mahal.

Faizul sempat didekati pejabat pemerintah negara bagian untuk bantuan dana. Namun, ia dengan sopan menolaknya, dan hanya ingin menggunakan uang pribadi.

Related

World's Fact 5675193862071298578

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item