Sejarah Hidup Keanu Reeves dan Berbagai Kesedihan yang Dilaluinya

Sejarah Hidup Keanu Reeves dan Berbagai Kesedihan yang Dilaluinya

Naviri Magazine - Keanu Reeves lahir di Beirut, Lebanon, pada 2 September 1964. Namanya diambil dari nama seorang paman, Henry Keanu Reeves. Nama "Keanu" diambil dari paman buyut Keaweaheulu, yang dalam bahasa Hawaii berarti "angin sepoi-sepoi."

Ibunya bernama Patricia, seorang seniman panggung dan perancang busana asal Inggris. Ayah biologisnya, Samuel Nowlin Reeves Jr, adalah keturunan separuh Hawai separuh Cina, serta membawa sedikit darah Irlandia dan Portugis.

Wawancara bersama Majalah Parade edisi 11 Juni 2006 mengungkap bagaimana Samuel Nowlin pergi menelantarkan istri dan Keanu kecil. Saat dewasa, Keanu mengetahui bahwa Samuel pernah dipenjara di Hawaii, karena ketahuan menjual heroin di Bandara Internasional Hilo.

Pada usia dua tahun, ia dan ibunya pindah ke Australia, tempat adik perempuannya lahir. Ibunya menikah lagi dengan seorang sutradara teater, tapi bercerai setahun kemudian. Mereka pindah ke Toronto, Kanada, saat Keanu berusia enam tahun. Lalu pindah lagi ke New York, Amerika Serikat, di mana ibunya menikah dengan seorang sutradara bernama Paul Aaron.

Pernikahan itu lagi-lagi berumur singkat. Keduanya bercerai pada 1971. Tapi kedekatan dengan Paul sempat membuka jalan bagi Keanu untuk berkecimpung di dunia perfilman. Saat itu usianya 15 tahun. Ia mengawali pekerjaan sebagai asisten produksi.

Ibu Keanu sempat dua kali lagi melakoni kawin-cerai dalam usia singkat. Pertama, dengan seorang promotor musik bernama Robert Miller (1976-1980). Kedua, bersama penata rambut Jack Bon yang kandas pada 1994. Selama fase itu, Keanu dan adik perempuannya tinggal di rumah nenek mereka di Toronto.

Ketidakstabilan dalam hidup Keanu berlanjut di masa SMA. Ia berpindah-pindah sekolah hingga empat kali dalam lima tahun. Ia dan adiknya ternyata menderita disleksia. Meski meraih nilai akademik yang lumayan, Keanu memutuskan untuk keluar dari sekolah, sebab ingin fokus di dunia akting.

Ibunya mendukung keputusan tersebut. "Lakukan apa yang kau inginkan," katanya.

Keanu pun pindah ke Los Angeles. Namanya mulai jadi perhatian sejak membintangi film Dangerous Liaisons (1988) dan My Own Private Idaho (1991). Di film terakhir ini, ia bertemu River Phoenix. River adalah sahabat terbaik Keanu. Sayang, ia meninggal pada 1993 karena overdosis valium, di kelab malam The Viper Room kepunyaan Johny Depp.

Di masa itu, Keanu juga sedang menemani adik perempuannya yang menderita leukemia. Proses perawatannya panjang, mulai dari pertama kali didiagnosa pada tahun 1991 hingga dinyatakan boleh beraktivitas normal pada 1999.

Tragedi ganda 

Meninggalnya River Phoenix adalah kehilangan besar pertama Keanu. Namun, pada saat bersamaan, kariernya makin meroket lewat peran-peran utama di film drama, horor-thriller, dan laga. Beberapa di antaranya Bram Stoker’s Dracula (1992), Much Ado About Nothing (1993), Speed (1994), dan The Devil’s Advocate (1997).

Di mata awak media Amerika, Keanu adalah ikon Hollywood 1990-an. Puncaknya saat ia memerankan Neo di trilogi The Matrix (1999-2003).

Sayangnya, di tengah nuansa gembira, kabar kehilangan lain menghantam Keanu secara beruntun dan lebih keras. Ia kehilangan anak dan istrinya, Jennifer Syme.

Jennifer bertemu Keanu pada 1998. Keduanya langsung jatuh cinta. Tidak sampai setahun menjalin hubungan, Jennifer hamil. Pada usia kandungan kedelapan, tanggal 24 Desember 1999, Ava Archer Syme-Reeves lahir ke dunia dalam kondisi prematur serta sudah tidak bernyawa.

Duka mendinginkan hubungan Jennifer dan Keanu hingga keduanya memutuskan untuk berpisah beberapa minggu setelah kematian Ava. Pada 2 April 2001, Jennifer sedang menyetir mobil sendirian di Cahuenga Boulevard, Los Angeles. Tiba-tiba mobil tergelincir, menabrak tiga mobil lain yang sedang terparkir, dan berguling-guling beberapa kali.

Jennifer mengembuskan napas terakhir.

Arsip majalah People mencatat otoritas setempat meyakini Jennifer meninggal di lokasi kecelakaan. Di dalam mobil ditemukan obat-obatan penenang. Selama beberapa minggu sebelum tragedi, Jennifer dilaporkan sedang menjalani perawatan karena depresi.

"Kesedihan berubah bentuk, tapi tidak pernah berakhir. Orang-orang salah paham, bahwa katanya 'itu akan hilang, dan saya akan merasa lebih baik.' Mereka keliru. Ketika orang yang kamu cintai pergi, kamu sendirian," kata Keanu.

Duka tidak sampai menghentikan karier Keanu. Pada 2000-an hingga 2010-an, selain masih berkecimpung di genre drama-romantis, Hollywood makin giat "mengeksploitasi" kemampuan beladiri si tampan. Misalnya, dalam Man of Tai Chi (2013) atau 47 Ronin (2013).

Tapi, popularitas raksasa, seperti yang Keanu raih saat membintangi The Matrix, baru muncul saat ia membintangi John Wick. Saking larisnya, hingga beberapa tahun ke depan film arahan Chad Stahelski itu masih diteruskan sebagai proyek waralaba baru. Plot film ini klise. Namun, publik tetap terpesona karena beresonansi dengan kisah asli Keanu.

Related

Entertaintment 8657358364490089560

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item